Antisipasi Badai Siklon Tropis 94W, Ini yang Dilakukan BPBD Jateng

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng mewaspadai munculnya bibit-bibit siklon tropis 94W yang bisa menyebabkan cuaca ekstrem.

Antisipasi Badai Siklon Tropis 94W, Ini yang Dilakukan BPBD Jateng Ilustrasi cuaca ekstrem. (JIBI/Solopos/Reuters)

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah (Jateng) mewaspadai potensi timbulnya cuaca ekstrem akibat bibit siklon tropis 94W.

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Jateng, Safrudin, mengaku sudah berkoordinasi dengan BPBD se-Jateng untuk mengantisipasi munculnya bibit siklon tropis 94W.

“Kami sudah berkirim surat ke BPBD kabupaten/kota untuk selalu waspada dan koordinasi dengan instansi terkait Selain itu, kami anjurkan untuk selalu memantau  informasi  cuaca dari BMKG. Mengantisipasinya melalui surat-surat informasi dan pelatihan simulasi untuk menghadapi ancaman tersebut,” ujar  Safrudin kepada wartawan di Semarang, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Bos PO Haryanto Minta Larangan Mudik Dikaji Ulang

Menurut Safrudin, selain koordinasi dengan pemerintah daerah, pihaknya juga mengedukasi masyarakat dengan cara melakukan simulasi bencana dari tingkat desa di sejumlah wilayah Jateng.

“Kemarin juga kita lakukan simulasi bencana di Kabupaten Kebumen,” ujarnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada akan potensi cuaca ekstrem. Masyarakat diminta untuk ikut memantau informasi prakiraan cuaca dari  BMKG.

Sebelumnya BNPB mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem adanya badai siklon tropis 94W untuk 30 wilayah di Indonesia. Badai siklon tropis 94W ini berpotensi mengakibatkan hujan lebat, longsor dan gelombang tinggi.

Ke-30 wilayah yang mendapat peringatan itu yakni Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra  Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Baca juga: Ini 14 Lokasi Pos Penyekatan di Jateng, Mudik Bakal Disuruh Putar Balik

Selanjutnya Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Kemudian, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.