Grobogan Bakal Tambah Sekolah untuk PTM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan berencana menambah jumlah sekolah yang melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka.

Grobogan Bakal Tambah Sekolah untuk PTM Ilustrasi pembelajaran tatap muka. (Dok. Semarangpos.com)

Semarangpos.com, PURWODADI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Grobogan sedang mengkaji kemungkinan menambah sekolah untuk pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Kemungkinan penambahan sekolah itu pada tingkat SMP, sedang SD dan MI belum direkomendasikan.

Hal itu menjadi salah satu hasil rapat evaluasi pekan pertama pelaksanaan PTM yang digelar di ruang rapat Wakil Bupati Grobogan, Senin (12/4/2021) sore.

“Ada tiga kriteria yang sudah dipenuhi dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka [PTM] yang digelar di SMP, MTS, MAN, SMAN, dan SMKN. Sehingga pelaksanaan pekan pertama dinilai baik,” jelas Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Grobogan, Moh. Sumarsono, kepada wartawan, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Uji Coba PTM, 50 Siswa di Kendal Reaktif Covid-19

Adapun kriteria yang sudah dipenuhi, adalah tidak ada pelanggaran protokol kesehatan, baik dilakukan guru, siswa, maupun warga sekolah lainnya. Yakni penggunaan masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun dalam uji coba PTM di Grobogan.

Kemudian, tidak terjadi penularan Covid-19 dari proses uji coba PTM itu. Selanjutnya tidak ada komplain dari peserta didik maupun orang tua siswa. “Tiga kriteria itu dipenuhi, sehingga kami nilai telah berjalan baik,” kata Moh Sumarsono.

Dengan hasil penilaian itu, tambahnya, Pemkab berencana menambah SMP dalam pelaksanaan uji coba PTM di Grobogan. Sedang untuk sekolah di bawah SMP, masih diberlakukan pembelajaran secara daring.

“Untuk tingkat di bawah SMP, kami masih menunggu semua guru divaksin dulu. Setelah semua guru mendapatkan vaksin, baru bisa dipertimbangkan untuk ujicoba PTM ditingkat SD dan MI,” katanya.

Protokol Kesehatan

Saat pantauan pelaksanaan hari kedua uji coba PTM, Selasa (6/4/2021) ada temuan pelanggaran protokol kesehatan. Yakni, ada kerumunan di ruang guru salah satu sekolah dan masih ada yang abai dalam penggunaan masker.

Baca juga: Sidak Uji Coba Tatap Muka di Sekolah, Gubernur Jateng Tegur Sejumlah Guru

Mengenai hal itu Plh Bupati Grobogan Sumarsono menyatakan akan dilakukan evaluasi bersama dan selalu diingatkan. Pihak sekolah diharapkan tetap memerhatikan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Grobogan untuk saat ini dilakukan di lima sekolah. Kelima sekolah itu yakni SMPN 1 Grobogan, MTsN 1 Grobogan, MAN 1 Grobogan, SMAN 1 Wirosari, dan SMKN 1 Purwodadi. Rencana, uji coba PTM dilakukan dari 5-16 April 2021.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.