Borobudur Marathon 2020 Sajikan Persaingan Atlet Nasional

Event tahunan Borobudur Marathon akan kembali digelar pada tahun ini, meski pun kondisi saat ini masih dalam pademi Covid-19.

Borobudur Marathon 2020 Sajikan Persaingan Atlet Nasional Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah), didampingi Dirut Bank Jateng, Supriyatno, dan Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chi An, saat menggelar jumpa pers di Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (8/9/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Event tahunan Borobudur Marathon akan kembali digelar tahun ini. Meski digelar di tengah pandemi Covid-19, event yang diadakan di sekitar kawasan Candi Borobudur ini dijamin tidak berkurang gregetnya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan Borobudur Marathon 2020 akan digelar berbeda dari tahun sebelumnya. Kali ini, event Borobudur Marathon akan digelar dengan dua konsep, yakni secara virtual dan real run atau elite.

Pada konsep virtual, Borobudur Marathon boleh diikuti seluruh kalangan. Meski demikian, peserta tidak akan menjalankan perlombaan di sekitar kawasan Candi Borobudur.

Candi Borobudur Belum Diizinkan Tambah Wisatawan

Peserta bisa mengikuti lomba dari mana pun sesuai dengan keinginannya. Mereka hanya wajib mengirimkan rekaman video lari yang telah ditempuh kepada panitia.

Sementara untuk konsep elite, para peserta akan menjalankan lomba secara langsung. Perlombaan akan mengambil start dan finis di Taman Lumbini Candi Borobudur pada 15 November nanti.

Konsep elite nantinya hanya diperuntukkan bagi peserta dari kalangan atlet nasional. Atlet yang diundang pun didasarkan pada pilihan Pengurus Besar (PB) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

“Dengan tetap dilaksanakan [Borobudur Marathon], harapannya spirit berlari masih ada. Event-nya tidak hilang. Selain itu, ini menjadi cara untuk adaptasi kebiasaan baru. Apa yang baru? Ya pesertanya jadi sedikit, lari secara virtual, dan lain-lain,” ujar Ganjar saat dijumpai wartawan di rumah dinasnya, Selasa (8/9/2020).

Vakum

Sementara itu, Sekjen PB PASI, Tigor Tanjung, berharap Borobudur Marathon menjadi trial bagi para atlet nasional yang selama ini mengalami kevakuman berbagai ajang sejak pandemi Covid-19.

Tampil di Kompetisi Liga Italia, Emir Eranoto Putuskan Kuliah di Undip Semarang

Persaingan para atlet nasional inilah yang akan membuat Borobudur Marathon tidak akan kehilangan pamor. Meski pun, event lari  tersebut tidak akan diikuti para atlet dari luar negeri.

“Ini menjadi kesempatan bagi atlet nasional untuk menjajal kemampuan. Saat ini tidak ada pertandingan untuk menguji kemampuan mereka,” ujar Tigor.

Tigor mengatakan hingga Desember 2020 tidak ada perlombaan yang digelar baik skala nasional maupun internasional. Kondisi itu pun membuat para atlet tidak memiliki kesempatan beruji coba atau trial.

Bahkan, lanjut Tigor atlet sekelah Lalu Muhammad Zohri yang sudah mengantongi tiket ke Olimpiade 2020 pun tak bisa menjajal kemampuannya setelah lama berlatih.

“Kami sangat berterima kasih kalau Borobudur Marathon tetap diselenggarakan,” imbuh Tigor.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.