Tampil di Kompetisi Liga Italia, Emir Eranoto Putuskan Kuliah di Undip Semarang

Pesepak bola muda Indonesia yang saat ini berkiprah bersama klub Italia San Marco Juventina, Emir Eranoto, memilih kuliah di Undip Semarang.

Tampil di Kompetisi Liga Italia, Emir Eranoto Putuskan Kuliah di Undip Semarang Pesepak bola Indonesia yang tampil bersama klub Italia ASD San Marco Juventina, Emir Eranoto Dipasena, tengah berlatih. (Instagram @emireranoto)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pesepak bola muda Indonesia yang saat ini memperkuat tim Liga Italia San Marco Juventina, Emir Eranoto, memutuskan untuk kuliah di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Pemain yang sempat dijuluki oleh beberapa media nasional sebagai Wonderkid Indonesia itu memutuskan untuk menjadi mahasiswa baru Undip angkatan 2020/2021 pada Program Studi (Prodi) Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya.

Wakil Rektor 1 Undip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Budi Setiyono, membenarkan kabar pesepak bola Emir Eranoto Dipasena menjadi mahasiswa baru Undip.

176 Warga Binaan Rutan Purwodadi Jalani Rapid Test, Begini Hasilnya…

Ia pun berharap Emir mau memperkuat tim sepak bola milik Undip suatu saat nanti, yakni PS Undip.

“Kita berharap Emir mau memperkuat PS Undip yang juga aktif di kompetisi sepak bola nasional,” ujar Budi, Senin (7/9/2020).

Menurut Budi, Emir Undip masuk lewat jalur IUP (International Undergraduate Program), jalur studi internasional yang cukup bergengsi yang memungkinkan mahasiswa untuk kuliah tamu di luar negeri dan mendapat rekognisi pembelajaran.

Bentuknya bisa double degree, sandwich program, maupun collaborative degree sehingga yang bersangkutan bisa tetap kuliah meski berada di luar negeri.

Kelas internasional

Budi menjelaskan Undip sejak beberapa waktu lalu memang membuka Kelas Internasional Jalur Sarjana IUP. Kelas ini dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa Inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan.

Resmi Sandang Gelar Sarjana Pendidikan, Septian David Absen Latihan Bareng PSIS Semarang

Kelas IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

Saat ini ada 14 prodi yang membuka Kelas IUP di Undip, yakkni Prodi Sastra Inggris, Akuntansi, Manajemen, Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, dan Hukum. Selain itu juga ada Prodi Teknik Kimia, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Biologi serta Kimia.

Emir yang berusia 19 tahun saat ini tercatat sebagai pemain muda profesional yang berkiprah di Italia. Ia sudah merantau di Italia sejak 2018.

Ia saat ini bergabung bersama ASD San Marco Juventina, yang berlaga di kompetisi Eccelenza, atau kasta kelima Liga Italia. Sebelum bermain untuk San Marco Juventina, Emir lebih dulu bergabung bersama tim ISM Academy dan sempat menyandang ban kapten.

Akibat pandemi Covid-19, Emir pun saat ini kembali ke Tanah Air. Kondisi itu pun dimanfaatkan Emir untuk mendaftar sebagai mahasiswa baru di Undip. Padahal, ia sempat diterima di salah satu kampus di Italia, jurusan Modern Language and Culture.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.