Bukan Hanya Kudus, Sejumlah Daerah di Jateng Ini Juga Alami Lonjakan Covid-19

Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, menyebut sejumlah daerah di Jateng mengalami lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Bukan Hanya Kudus, Sejumlah Daerah di Jateng Ini Juga Alami Lonjakan Covid-19 Tangkapan layar konferensi pers secara virtual yang digelar Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, Jumat (28/5/2021). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) seusai libur Lebaran 2021 rupanya tidak hanya terjadi di Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, menyebut ada sejumlah kabupaten/kota yang juga mengalami lonjakan kasus Covid-19 dan menjadi perhatian serius.

“Pekan terakhir ini yang meningkat [kasus Covid-19] itu cukup banyak. Tapi mungkin peningkatannya tidak tinggi. Bahkan ada beberapa daerah yang juga mengalami penurunan kasus,” ungkap Yulianto saat menggelar konferensi pers secara daring, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19, Kudus Siapkan 400 Tempat Tidur

Yulianto mengatakan peningkatan kasus Covid-19 itu terdeteksi pada pekan ke-19 menuju ke pekan-20 tahun 2021, atau pekan terakhir. Dari 35 kabupaten/kota di Jateng yang sepekan terakhir mengalami peningkatan adalah Kota Semarang, Demak, Kendal, Kabupaten Tegal, Karanganyar, Wonogiri, Purbalingga, Pati, Grobogan, dan Jepara.

“Sementara yang turun itu contohnya seperti Kabupaten Semarang, Klaten, Kota Magelang, dan Blora. Kalau [daerah] lainnya cenderung meningkat,” ujar Yulianto.

Yulianto menambahkan meski terjadi penurunan kasus, masyarakat di daerah-daerah tersebut tidak boleh lantas abai dalam penerapan protokol kesehatan.

Ia mengingatkan lonjakan kasus kemungkinan akan kembali terjadi pada pekan depan, atau pekan ke-21 2021. Hal ini dikarenakan masa inkubasi Covid-19 terjadi setelah 14 hari.

“Kalau dihitung 14 hari setelah libur Lebaran, baru pekan depan bisa terdeteksi. Apakah ada peningkatan atau tidak. Makanya, masyarakat kami imbau tetap waspada dan menjalankan prokes dengan tertib,” imbuh Yulianto.

Abai Prokes

Lonjakan kasus yang terjadi di Kudus, lanjut Yulianto juga terjadi akibat turunnya penerapan prokes dari masyarakat. Banyak warga yang mulai abai menerapkan prokes dengan tidak memakai masker dan menerapkan physical distancing.

Baca juga: Lebaran Dalam Rob, Warga Tambaklorok Tagih Janji Wali Kota Semarang

Penarapan prokes yang turun itu terjadi saat warga melakukan silaturahmi dan acara halalbihalal, sehingga menimbulkan klaster keluarga.

“Di mana-mana terjadi peningkatan klaster keluarga. Ini yang terus kita imbau kepada warga agar prokes tidak hanya dilakukan saat di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Kan enggak tahu anggota keluarga yang dari luar rumah apakah terpapar atau tidak,” jelasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.