Festival Durian di Pekalongan Sudah Tiga Kali

Festival Durian 2020 diselenggarakan setiap tahunnya di tiga desa, yaitu Karanggondang, Limbangan, dan Lolong (Kabalong), Kabupaten Pekalongan, Jateng.

Festival Durian di Pekalongan Sudah Tiga Kali Ribuan warga berebut buah-buahan pada kegiatan Festival Durian 2020 di kawasan objek wisata Desa Limbangan, Kecamatan Karanganya, Kabupaten Pekalongan, Jateng, Minggu (9/2/2020). (Antara-Kutnadi)

Semarangpos.com, KAJEN — Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Minggu (9/2/2020), menggelar Festival Durian 2020 sebagai upaya mempromosikan potensi wisata kuliner setempat kepada wisatawan lokal dan mancanegara di Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar, Jawa Tengah.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengatakan Festival Durian 2020 tersebut diselenggarakan setiap tahunnya di tiga desa, yaitu Karanggondang, Limbangan, dan Lolong (Kabalong). “Durian yang kita promosikan ini asli hasil tanaman buah petani Limbangan yang memiliki rasa lezat. Selain itu festival ini, kami gelar sebagai upaya menggeliatkan objek wisata yang berada di tiga desa itu,” katanya.

Menurut dia, tiga desa yang kini dijadikan kawasan pengembangan wisata itu dilengkapi rumah makan representatif, panorama alam yang indah, dan aliran sungai jernih yang cocok untuk arung jeram. “Di tiga desa ini, para wisatawan akan dimanjakan dengan wisata alam, kuliner, dan wisata air [arung jeram],” katanya.

Gelar Festival Durian Lolong, Pemkab Siapkan 70.000 Tiket

Ia mengatakan hasil durian asal Kabupaten Pekalongan menyuplai sejumlah daerah lain seperti Jakarta, Surabaya, dan luar Jawa. “Produk durian di daerah pada 2020 cukup besar yaitu diperkirakan mencapai 10.000 ton atau naik dibandingkan tahun sebelumnya 9.000 ton. Oleh karena, ke depan kita akan mengembangkan bibit durian dapat ditanam secara masif di seluruh wilayah ini,” katanya.

Ia mengatakan selama 2019, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata mampu mencapai Rp6 miliar. “Ini [realisasi PAD] sangat membanggakan sehingga kami perlu terus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar potensi pariwisata daerah bisa dapat dikembangkan maksimal sehingga bisa menambah penghasilan pada warga setempat,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.