Ganjar dan Gibran Meriahkan Peluncuran PeSONas 2022 di Manahan

Agenda Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) pada Juli 2022 di Jawa Tengah (Jateng) disambut baik berbagai elemen masyarakat.

Ganjar dan Gibran Meriahkan Peluncuran PeSONas 2022 di Manahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan kepala daerah di Soloraya saat peluncuran PeSONas di Halaman Stadion Manahan Solo, Kamis (9/12/2021) malam. (Espos/Kurniawan)

Semarangpos.com, SOLO — Agenda Pekan Special Olympic Nasional  atau PeSONas pada Juli 2022 di Jawa Tengah (Jateng) disambut baik berbagai elemen masyarakat.

Setidaknya hal itu terlihat dari kemeriahan launching atau peluncuran PeSONas di halaman Stadion Manahan Solo, Kamis (9/12/2021) malam. Kegiatan itu dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Ada juga Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora, Faisal, perwakilan Kementerian Sosial (Kemensos). Serta kepala daerah di Soloraya atau yang mewakilinya, seperti Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Wabup Rober Christanto.

PeSONas 2022 merupakan event multicabang olah raga bagi atlet-atlet bertalenta khusus atau disabilitas intelektual dari seluruh Tanah Air. Kegiatan tersebut digelar empat tahun sekali oleh pengurus Special Olympic Indonesia (Soina).

Baca juga: Wamenkes Apresiasi Penerapan Prokes di SD Boyolali

Ketua Umum Pengurus Pusat Soina, Warsito Ellwein, menjelaskan PeSONas 1 tahun 2022 di Jateng mengusung tema Akulah Bintang. Sebagai apresiasi dan motivasi anak-anak bertalenta khusus untuk memiliki kemandirian dan berprestasi tinggi.

“Kegiatan PeSONas ini hanya bagian momen kecil bagi kita untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat. Bahwa anak-anak bertalenta khusus memiliki kesempatan yang sama dengan orang normal lainnya,” terang dia.

Penuturan senada disampaikan Ketua Pelaksana PeSONas 2022, Ony Suharsono. Menurut dia kegiatan itu akan diikuti 2.500 orang terdiri atlet, pendamping, dan sukarelawan. Dengan begitu PeSONas bisa menggeliatkan wisata Jateng.

Dengan banyaknya orang yang terlibat kegiatan itu menunjukkan Jateng dengan slogan Gayeng, sebagai wilayah yang aman, nyaman, gembira dan bahagia. Menurut dia acara itu tidak akan berlangsung tanpa dukungan semua pihak.

Baca juga: Universitas Duta Bangsa Surakarta Gelar Pelatihan Video Kreatif

Sambut PeSONas 2022

“Terima kasih banyak atas dungan pemerintah daerah, mitra usaha, dan masyarakat, yang sangat antusias dengan acara PeSONas 2022 di Jateng,” ungkap Ony yang juga menjabat sebagai Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng.

Yang menarik dari PeSONas 2022 di Jateng tidak hanya mempertandingkan 12 cabang olah raga, tapi juga diramaikan pementasan seni, budaya dan eksibisi ilmu pengetahuan atau sains. Launching PeSONas 2022 juga dilakukan di Grobogan.

Di tempat itu Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, menyalakan Api Abadi Mrapen. Di sela launching ,Ganjar mengatakan kegiatan itu bakal menjadi ajang kreativitas anak-anak bertalenta khusus berprestasi.

Ganjar juga mengapresiasi atlet Soina Jateng yang berprestasi di ajang internasional Special Olympic World Summer Games (SOWSG) di Abu Dhabi.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.