Ganjar Pastikan Tak Ada RS di Jateng Layani Pre-Order Vaksin Covid-19

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memastikan tidak ada rumah sakit atau RS di Jateng yang menerima pre-order atau pemesan vaksin Covid-19.

Ganjar Pastikan Tak Ada RS di Jateng Layani Pre-Order Vaksin Covid-19 Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, memastikan tidak ada rumah sakit di wilayahnya yang melayani pemesanan atau pre-order vaksin Covid-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng seusai menggelar rapat koordinasi secara virtual dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marvest), Luhut Binsar Pandjaitan, di kantornya, Senin (14/12/2020).

Ganjar mengatakan saat ini Pemerintah Provinsi Jateng tengah menyiapkan tata cara bagi rumah sakit dalam proses vaksinasi Covid-19.

121 Penyintas Covid-19 di Jateng Donorkan Plasma Convalescent

“Kita nanti akan siapkan tata caranya. Belum, belum [belum bisa pre-order]. Itu kan belum pasti. Wong tadi angka-angka yang baru masuk. Prioritasnya, kita dari daerah mengikuti saja,” ujar Ganjar.

Ganjar juga membantah jika dirinya akan menjadi orang pertama di Jateng yang menerima vaksin Covid-19. Ia mengaku berdasarkan instruksi dari pemerintah pusat, prioritas penerima vaksin adalah tenaga kesehatan atau nakes.

“Katanya untuk fasilitasnya diberikan pada nakes dulu. Kita ikuti saja apa yang ada. Mana yang paling membutuhkan dari vaksin itu,” tuturnya.

Di sisi lain, Ganjar menegaskan saat ini yang paling penting adalah kesiapan menghadapi libur akhir tahun. Menurutnya, pemerintah daerah se-Jawa-Bali telah sepakat membatasi kegiatan yang melibatkan massa pada akhir tahun.

“Tadi hampir di Jawa-Bali sepakat semuanya. Terus kemudian yang mau bepergian itu harus tes antigen, jadi rapid-nya mesti antigen. Bentuknya kayak di-swab. Kalau tidak mau lebih baik tidak berpergian dulu, supaya kita sama-sama saling menjaga,” tegasnya.

900 Petugas KPPS di Jateng Positif Covid-19

Jateng rencana menerima sekitar 21,2 juta dosis vaksin. Dari jumlah sebanyak itu, sekitar 421.000 dosis vaksin diterima Jateng pada Desember ini.

Sementara itu, untuk sasaran vaksin Covid-19 sekitar 22.947 dosis akan diberikan kepada tenaga kesehatan sipil. Lalu, 1.358 dosis untuk nakes dari kalangan TNI, dan 965 dosis untuk nakes dari kalangan Polri.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.