Tutup Iklan

Gubernur Jateng Mencoba Nikmatnya Petis Runting Khas Pati

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba karya kuliner petis Runting khas Pati di warung Sate Kambing Muda Gulai Pak Haji, di Jl. Raya Pati-Tayu, Runting, Pati.

Gubernur Jateng Mencoba Nikmatnya Petis Runting Khas Pati Unggahan Instagram @humas.jateng mengenai Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencicipi kuliner khas Pati, yaitu petis runting, Rabu (8/8/2020). (Instagram- @humas.jateng)

Semarangpos.com, PATI Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba karya kuliner khas Pati, petis runting. Warung makan yang disambangi Gubernur Ganjar itu bernama Sate Kambing Muda Gulai Pak Haji. Lokasinya di Jl. Raya Pati-Tayu, Runting, Tambaharjo, Pati, Jawa Tengah.

Warung makan yang letaknya di pinggir jalan tersebut membuat Gubernur Jateng penasaran dan mencobanya. “Di sini ada warung sate yang terkenal dan di sini ada masakan yang khas namanya petis runting. Petis runting itu sebenarnya balungan. Mungkin semacam gulai atau semacam tengkleng gitu kira-kira,” ungkap Ganjar.

Petis kambing runting merupakan olahan yang berbahan dari sumsum tulang kambing bagian iga yang dimasak menggunakan tepung beras yang disangrai. Berbentuk cair namun agak kental. Ganjar langsung mencicipi hidangan tersebut. “ Gulai agak pedas, rasanya enak,” ucap Ganjar setelah mencoba petis runting.

Om Hao Pakai Cincin Buat Kendalikan Makhluk Astral

“Teryata petisnya luar biasa, balung tok,” jelas Ganjar.

Petis runting menjadi salah satu menu primadona orang Pati. Rasa yang dihadirkan petis runting tersebut sangat lengkap. Rasanya gurih, beraroma sedap, pedas, dan menggugah selera bagi penikmatnya.

 

View this post on Instagram

 

Sudah lama tidak kulineran nih #SahabatHumas 🤤⁣ ⁣ Kali ini bersama Gubenur @ganjar_pranowo menikmati makanan namanya Petis Runting. Makanan ini adalah jenis olahan dari petis kambing yang diolah dengan gulai tulang kambing yang dicampur dengan tepung beras dan rebusan daging. Diberi nama Petis Runting diambil dari nama sebuah daerah di Pati bagian utara, Runting.⁣ ⁣ Di Pati warung ini sangat terkenal, berada sebelah kanan di jalan raya Pati – Tayu atau kamu bisa cari dengan keyword “Sate Kambing Muda Gulai Pak Haji”.⁣ ⁣ Jangan lupa mampir ya kalau Sahabat Humas main ke Pati 🤗⁣ ———⁣ #HumasJateng #GanjarPranowo #WisataJateng #KulinerJateng #PetisRunting #Runting #Pati #JatengGayeng #JawaTengah

A post shared by Humas Jateng (@humas.jateng) on

Aneka Karya Kuliner

Dalam warung Sate Kambing Muda Gulai Pak Haji tidak hanya menawarkan petis kambing runting.  Olahan lain yang bisa dicicipi seperti sate kambing muda, sate ayam, gulai kambing, dan juga petis tangkar.

Tak Sembarangan, Hanya Mereka Yang Boleh Pakai Batik Kawung  

Dinamakan petis runting karena hanya dapat ditemukan di Desa Runting, Tambaharjo, Pati, Jawa Tengah. Hidangan petis runting ini semakin nikmat disajikan dengan sate kambing.

Petis runting khas Pati ini juga bisa dikreasikan dengan dengan bahan dasar daging sapi, daging ayam, dan tempe.

Harga petis runting sangat terjangkau. Biasannya, cukup dengan Rp5.000–Rp10.000 sudah dapat satu porsi petis runting tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.