Hari Ini, Jateng Kedatangan 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Sebanyak 1,4 juta dosis vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi gelombang kedua akan tiba di Jawa Tengah (Jateng) hari ini, Minggu (21/2/2021).

Hari Ini, Jateng Kedatangan 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Ilustrasi vaksin covid-19. (Freepik.com)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sekitar 1 juta dosis vaksin Covid-19 bakal tiba di Jawa Tengah (Jateng), Minggu (21/2/2021). Vaksin sebanyak itu akan digunakan untuk program vaksinasi tahap kedua yang prioritas diberikan kepada pelayan publik dan orang lanjut usia.

Informasi yang diterima Semarangpos.com, vaksin gelombang kedua untuk Jateng itu sudah dikirim dari Jakarta sejak Minggu pukul 05.00 WIB. Vaksin tersebut akan ditempatkan di gudang milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng di kawasan industri Tambakaji, Kota Semarang.

“Kita dapat 100.430 vail. Nah, kalau satu vail itu isinya 10 dosis, berarti sekitar 1.004.300 dosis. Nanti, kita sambut. Ini teman-teman dari Dinkes juga sedang persiapan menanti kedatangan vaksinnya,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat meninjau persiapan menyambut kedatangan vaksin di gudang Dinkes Jateng, Minggu pagi.

Baca juga: Duh, Belajar Online saat Pandemi Covid-19, Siswa di Banyumas Malah Nge-game

Ganjar mengatakan, ada beberapa skenario yang disiapkan untuk distribusi vaksin Covid-19 gelombang II di Jateng. Selain untuk pelayan publik dan lansia, vaksin juga akan diberikan untuk kelompok masyarakat seperti pedagang pasar.

“Nanti kita akan coba beberapa kelompok masyarakat seperti pedagang pasar. Seperti kemarin pak Presiden melihat di Tanah Abang Jakarta, kita akan coba di Solo. Sehingga nanti harapannya akan lebih banyak [sasarannya],” tutur Ganjar.

Lokasi

Selain persiapan menyambut kedatangan vaksin, Ganjar mengatakan pihaknya juga sedang menyiapkan titik pelaksanaan vaksinasi untuk pelayan publik. Harapannya, dengan titik-titik yang disiapkan tersebut proses vaksinasi pada pelayan publik yang jumlahnya ribuan akan berlangsung cepat.

“Jadi target kita cepat. Harusnya tidak sulit karena datanya sudah ada, lokasinya sedang disiapkan. Nanti tinggal kapasitas yang ada kita mau itu optimalkan, maka ini soal cerita mekanisme menyusun,” ujarnya.

Baca juga: Ganjar: Masih Ada 10 Perusahaan Buang Limbah di Bengawan Solo

Selain Solo, lanjut Ganjar, Kota Semarang juga dipilih untuk pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok masyarakat pedagang pasar. Pertimbangannya, adalah pusat keramaian dan kegiatan ekonomi.

Di sisi lain, usulan pasar ini juga sudah lama disiapkan saat dirinya mengikuti rapat bersama 5 gubernur lain dan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.