Banjir Bekasi, KAI Semarang Batalkan KA ke Gambir & Senen

Banjir yang melanda Kabupaten Bekasi dan sekitarnya memaksa PT KAI Daops IV Semarang membatalkan keberangkatan sejumlah kereta api.

Banjir Bekasi, KAI Semarang Batalkan KA ke Gambir & Senen Ilustrasi kereta api menembus wilayah banjir. (Dok. JIBI/Solopos/Antara)

Semarangpos.com, SEMARANG – Banjir yang melanda Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) berdampak pada arus transportasi kereta api di Kota Semarang, Minggu (21/2/2021).

Akibat banjir itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang bahkan harus membatalkan perjalanan sejumlah kereta api yang akan ke Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan total ada lima perjalanan kereta api tujuan Gambir dan Pasar Senen yang dibatalkan. Dari lima KA itu dua di antaranya bertolak dari wilayah stasiun di wilayah PT KAI Daops IV Semarang.

Baca juga: Stasiun Tawang Semarang Terendam Banjir, Perjalanan KA Dialiahkan

“KA tujuan Pasar Senen yang dibatalkan adalah KA Dharmawangsa dari Surabaya Pasarturi, KA Tegal Ekspres dari Tegal, dan KA Jayabaya dari Malang. Sedangkan yang tujuan Gambir yang dibatalkan adalah KA Argomuria dari Stasiun Tawang dan KA Argo Bromo Anggrek dari Surabaya,” ujar Krisbiyantoro, Minggu.

Pria yang karib disapa Kris itu mengatakan pembatalan dilakukan karena jalur kereta api, terutama dari Stasiun Kedunggedeh hingga Stasiun Lemahabang, Bekasi masih tergenang banjir. Ketinggian air di jalur kereta api itu sekitar 150 sentimeter (cm) di atas kop rel.

“Selain itu, air juga menggerus batu kricak yang menjadi landasan jalur kereta,” imbuh Kris.

Refund

Kris mengatakan saat ini pihak KAI masih melakukan perbaikan dan memeriksa jalur KA agar aman saat dilintasi kereta.

“Kami dari PT KAI, khususnya Daops IV Semarang mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa kereta api akibat dampak banjir di wilayah Jabodetabek ini,” tuturnya.

Baca juga: Hujan Seharian, 17 Kelurahan di Pekalongan Terendam Banjir

Bagi penumpang yang keretanya berangkat dari Stasiun Tawang maupun Poncol, Kris pun mengaku pemesanan tiketnya bisa dibatalkan. Penumpang bisa mendapatkan refund 100%.

Sementara untuk memaksimalkan pelayanan, khusus Minggu ini KA Argo Anggrek dan KA Dharmawangsa tujuan Surabaya Pasar Turi masih bisa dijalankan. Meski demikian, penumpang harus dievakuasi terlebih dahulu dengan menggunakan bus dari Stasiun Cikampek. Kabupaten Karawang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.