Hari Jadi Grobogan Disongsong Jamasan Pusaka

Pemkab Grobogan memandikan atau menjamas pusaka koleksi Museum Purbakala Grobogan menyongsong hari jadi kabupaten itu.

Hari Jadi Grobogan Disongsong Jamasan Pusaka Sejumlah pegawai memandikan atau menjamas koleksi pusaka Museum Purbakala Grobogan, Jumat (14/2/2020). (Murianews-Dani Agus)

Semarangpos.com, PURWODADI — Pemkab Grobogan, Jumat (14/2/2020), memandikan atau menjamas puluhan pusaka koleksi Museum Purbakala Grobogan menyongsong hari jadi kabupaten itu di Kantor Dinas Pendidikan Grobogan yang berada di kompleks museum itu.

Ada belasan orang yang dilibatkan dalam acara jamasan benda-benda bersejarah tersebut. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagian bagian rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Grobogan yang jatuh setiap 4 Maret.

Dituduh Hina Jokowi, Dosen Unnes Tantang Rektor Debat

“Khusus untuk benda-benda pusaka, seperti keris, tombak, gamelan dibersihkan oleh tenaga yang sudah ahli di bidangnya. Selain benda koleksi, kami juga menata kebersihan di lingkungan museum,” ungkap Kabid Pariwisata Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Dijelaskannya, acara bersih-bersih tersebut biasanya dilakukan minimal setahun sekali. Hal itu diperlukan agar benda-benda bersejarah itu tidak rusak, bisa tahan lama dan lebih bersih sehingga cukup nyaman dilihat orang.

Hotel 21 di Pati Pekerjakan Pemandu Karaoke 17 Tahun

Berdasarkan data yang dimiliki Murianews, di dalam Museum Purbakala Grobogan terdapat 83 macam benda peninggalan masa lalu. Benda-benda cagar budaya itu terdiri atas seperangkat gamelan, keris dan tombak, arca, yoni, piring, lesung, lingga, meriam, luku, garu, mangkok dan piring kuno.

Kebanyakan, benda purbakala tersebut sudah berusia ratusan sampai ribuan tahun. Pusaka-pusaka itu sesuai tradisi selanjutnya bakal diikutsertakan dalam acara Kirab Boyong Grobog yang menjadi salah satu acara dalam rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Grobogan.

Sebagaina biasa, Kirab Boyong Grobog dihadiri ribuan warga. Kirab itu digelar mulai Kantor Kelurahan Grobogan hingga ke Pendapa Kabupaten Grobogan di ibu kota Purwodadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.