Hasil GeNose 208 Penumpang di Stasiun Tawang Positif Covid-19

Sebanyak 208 calon penumpang kereta api di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah dinyatakan positif dari hasil tes GeNose C-19.

Hasil GeNose 208 Penumpang di Stasiun Tawang Positif Covid-19 Seorang calon penumpang tengah menjalani pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Kamis (18/3/2021). (Semarangpos.com-Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 208 calon penumpang di Stasiun Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan atau tes GeNose C19 yang digelar sejak 15 Februari-18 Maret 2021.

Para calon penumpang itu pun akhirnya tak diizinkan melakukan perjalanan dan diminta melakukan isolasi secara mandiri di rumah.

“Jumlah kumulatif calon penumpang yang dites sekitar 14.885 orang. Dari jumlah sebanyak itu 14.731 orang dinyatakan negatif. Sedangkan 208 orang ketika dites tidak merasakan gejala dan mereka pilih isolasi di rumah,” kata Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, saat dijumpai wartawan di Stasiun Poncol, Kota Semarang, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Istri Dianiaya, Pria Magelang Bacok Adik Ipar Hingga Tewas

Pria yang karib disapa Kris itu mengungkapkan calon penumpang yang dinyatakan positif melalui tes GeNose C19 rata-rata akan melakukan perjalanan kereta jarak jauh relasi Semarang-Jakarta dan Semarang-Surabaya.

Mereka pun akhirnya tidak diizinkan melakukan perjalanan dan menjalani isolasi di ruang yang telah disediakan di Stasiun Tawang, sambil menunggu pengembalian uang tiket atau refund 100℅.

“Semua calon penumpang kereta yang hasil GeNose-nya positif, uang tiketnya kita kembalikan full, 100℅,” ujarnya.

Terkait adanya kenaikan tarif baru tes GeNose di wilayah PT KAI Daops IV Semarang, Kris mengaku hal tersebut sudah diumumkan sejak beberapa hari terakhir.

3 Stasiun

Di wilayah PT KAI Daops IV Semarang, tes GeNose C19 bisa dilakukan di tiga lokasi yakni Stasiun Tawang, Stasiun Poncol, dan Stasiun Tegal.

Tarif GeNose pernah Sabtu (20/3/2021) adalah Rp30.000 atau naik Rp10.000 dibanding sebelumnya.

Baca juga: KAI Naikan Tarif GeNose C19 Per 20 Maret 2021

Hasil pemeriksaan tes GeNose C19 berlaku 3×24 jam sebelum keberangkatan pada hari biasa. Namun saat keberangkatan pada hari libur, hasil pemeriksaan GeNose C19 berlaku 1×24 jam.

Menurut Kris, pemeriksaan dengan GeNose C19 cukup efektif menekam angka penularan Covid-19 karena cukup akurat.

“Sangat efektif dilakukan tes GeNose C19, alat itu sangat sensitif terhadap perubahan udara. Maka, setiap calon penumpang yang akan dites diharuskan tidak makan, merokok, atau minum, kecuali air putih,” kata dia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.