Hasil Tes Covid-19 di Tempat Wisata, Jateng Temukan 6 Wisatawan Terpapar

Sebanyak enam wisatawan di Jateng terkonfirmasi Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan secara acak di sejumlah tempat wisata saat libur panjang kemarin.

Hasil Tes Covid-19 di Tempat Wisata, Jateng Temukan 6 Wisatawan Terpapar Ilustrasi tempat wisata di Jateng (Dok. JIBI/Solopos/Antara)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak enam kasus positif Covid-19 muncul di beberapa tempat wisata pada masa libur panjang akhir pekan lalu. Enam kasus positif itu ditemukan dari hasil pemeriksaan Covid-19 secara acak yang digelar kepada para wisatawan di sejumlah tempat wisata di Jateng.

Informasi yang diterima Semarangpos.com, enam kasus positif itu empat di antaranya muncul dari kawasan objek wisata Candi Borobudur. Sementara, dua kasus lainnya ditemukan di objek wisata air di Kabupaten Klaten, yakni Umbul Ponggok dan Umbul Pelem.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku sudah mengetahui hal tersebut. Saat ini, pihaknya tengah fokus melakukan tracing kontak wisatawan yang terkonfirmasi Covid-19 itu.

Tower SUTET di Batang Roboh, 2 Petani Jadi Korban

“Hasil random tes yang kami lakukan di sejumlah titik pada 28 Oktober sampai 1 November menemukan ada empat kasus positif. Keempat kasus itu berasal dari wisatawan asal Medan, Semarang, Tangerang dan Trenggalek,” kata Ganjar seusai menggelar rapat koordinasi penanganan Covid-19 di kantornya, Semarang, Senin (2/11/2020).

119 Orang Reaktif

Ganjar menambahkan selama libur panjang, Pemprov Jateng telah melakukan tes secara acak kepada 2.645 orang. Dari jumlah sebanyak itu, 119 orang dinyatakan reaktif dan dilanjutkan dengan swab test hingga ada empat orang yang positif Covid-19.

Terpisah, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng N. Rachmadi, mengatakan total ada enam orang wisatawan di Jateng yang dinyatakan positif. Selain empat orang yang disebutkan Ganjar, dua kasus lainnya berasal dari temuan Satgas Covid-19 Kabupaten Klaten.

Wabah Corona, PLN Setop Petugas Cater ke Rumah

“Laporan kemarin bukan hanya di Borobudur ya. Ada juga di Umbul Ponggok dan Umbul Pelem di Klaten. Ada dua wisatawan di Klaten yang terkonfirmasi Covid-19,” ujar Sinoeng.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan selama libur panjang pekan lalu, pihaknya menggelar tes secara acak di 11 lokasi.

“Selain tempat wisata, tes juga dilakukan di Gerbang Tol Kalikangkung, rest area, dermaga Karimunjawa, Jembatan Timbang Ajibarang, dan tempat-tempat lain,” ujar Yulianto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.