Tutup Iklan

Ini Alasan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jateng Hanya untuk Semarang & Solo

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jawa Tengah atau Jateng tidak digelar secara serentak, didahulukan di Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Ini Alasan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama di Jateng Hanya untuk Semarang & Solo Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat dijumpai wartawan seusai memimpin rapat penanggulangan Covid-19 di Kantor Pemprov Jateng, Kota Semarang, Senin (14/12/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, menyebutkan alasan vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Jateng tidak digelar secara serentak di 35 kabupaten/kota.

Vaksinasi tahap pertama di Jateng hanya akan digelar di tiga kabupaten/kota pada 14 Januari nanti. Ketiga kabupaten/kota yang mendapat kesempatan pertama itu yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo.

Ganjar mengaku proses vaksinasi yang tidak serentak itu dilakukan karena jumlah vaksin Covid-19 jenis Sinovac yang dimiliki Jateng terbatas, yakni 62.560 dosis.

Vaksinasi Tahap Pertama di Jateng Hanya Digelar di Semarang & Solo

“Vaksin diprioritaskan di tiga daerah itu karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Solo. Nanti kan tambahannya jalan terus. Maka dengan hari pertama insyaallah besok di tanggal 14 kita mulai, maka kita berikan ke nakes [tenaga kesehatan] yang di situ dulu,” ujar Ganjar, Selasa (12/1/2021).

“Nanti kalau tahap berikutnya dikirim akan kita sebarkan pada yang lain. Soal bagaimana kita menjadwalkan saja,” lanjut Ganjar.

Diketahui bahwa jumlah vaksin yang sudah tiba di Jawa Tengah sebanyak 62.560 dosis jenis Sinovac. Ganjar menjelaskan vaksin yang disuntikkan di tiga daerah tersebut kurang dari 62 ribu dosis. Artinya masih ada sisa, diperkirakan mencapai 8.000 dosis.

“Itu nanti hitungan kita masih ada sekitar 8 ribuan. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan. Misal setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan,” jelasnya.

Ini 9 Ruas Jalan di Semarang yang Ditutup Selama PPKM

Sementara itu pengiriman atau distribusi vaksin ke tiga daerah tersebut masih disiapkan detailnya oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng.

“Belum dikirim. Keputusan (BPOM) kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu delivery yang agak jauh nanti cuma Surakarta. Masih disiapkan oleh Dinkes apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1,” ungkapnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.