Ini Tips Rawat Mobil Ala Daihatsu Saat Work From Home

Perusahaan mobil Daihatsu memberikan tips agar mobil tetap prima meski jarang digunakan pada masa work from home atau WFH.

Ini Tips Rawat Mobil Ala Daihatsu Saat Work From Home Model tengah berpose di samping mobil Daihatsu pada sebuah pameran. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Masa pandemi Covid-19 memaksa kita untuk melakukan pekerjaan di rumah atau yang akrab disebut work from home (WFH). Kondisi ini tentunya membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa kita gunakan sehari-hari akan terparkir di garasi.

Nah, agar mobil tetap terawat meski pun jarang digunakan, Astra Daihatsu Mobil (ADM) punya caranya. Perusahaan mobil asal Jepang ini pun memberikan tips agar mobil tetap terawat, meski kita tengah menjalani work from home atau WFH.

Agar mobil tetap terawat meski kerap diparkirkan, kita tetap harus memperhatikan beberapa aspek. Salah satunya adalah perawatan aki.

Mobil yang tidak dipakai akan mengalami pengurangan daya sekitar 3% dari kapasitasnya. Oleh karenanya, kita harus memanaskan mobil paling tidak 1-2 kali dalam sepekan untuk menjaga daya tersimpan pada aki.

Namun, yang perlu diingat saat memanaskan mobil di garasi, pastikan asap knalpot tidak mengarah langsung ke dalam rumah. Hal ini bisa menyebabkan polusi dan sesak nafas penghuni rumah.

Selain aki, hal lain yang perlu diperhatikan adalah perawatan wiper. Sebisa mungkin wiper harus dalam posisi terangkat saat di parkir di area terbuka guna mencegah karet wiper cepat rusak.

Mobil yang mangkrak sebaiknya juga diparkir di dalam ruang yang tertutup. Hal itu guna menghindari mobil dari sinar matahari secara langsung yang bisa membuat cat mobil jadi pudar dan kusam.

Ban

Periksa juga tekanan angin pada ban, meski pun jarang dipakai. Selain itu, saat memanaskan mobil usahakan menggerakan kendaraan maju atau mundur setidaknya sepekan sekali.

Transmisi dan rem tangan juga wajib diperhatikan. Demi keamanan, aktifkan rem tangan sekalipun terparkir dalam bidang yang rata.

Terakhir, perlu untuk menjaga kebersihan mobil meski tidak pernah dipakai. Usahakan membersihkan bagian luar maupun dalam mobil sepekan sekali agar terbebas dari kotoran dan bakteri yang menempel.

“Lewat sharing tips ini, Daihatsu berharap sahabat bisa menjaga dan merawat mobil kesayangannya meski tidak pernah dipakai. Jangan lupa menerapkan tips ini agar mobul tetap dalam kondisi prima saat digunakan kembali,” terang Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.