Inspiratif! Difabel Rembang Ini Raup Puluhan Juta Rupiah dari Makanan Ringan

Selama pendampingan dari Semen Gresik, difabel mendapatkan berbagai improvement, baik secara kemasan, brand, maupun manajemen produksi.

Inspiratif! Difabel Rembang Ini Raup Puluhan Juta Rupiah dari Makanan Ringan Saroni, difabel yang kini jadi pengusaha makanan kecil menjadi salah satu UMKM binaan Semen Gresik. (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG — Terlahir dari keluarga petani dan menyandang disabilitas, tak menghalangi Saroni, pengusaha makanan kecil asar Rembang, Jawa Tengah ini untuk berdikari serta mengubah keadaan.

Di tengah keterbatasan, lelaki kelahiran Rembang, 11 Januari 1992 ini merintis usaha di bidang produksi dan packaging makanan ringan dengan nama UD Orselo.

Nama tersebut berasal dari kata ‘Orang Dukuh Selo’ diambilkan alamat tempat tinggalnya di Dukuh Selo, Desa Pelang, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang.

Pertama kali merintis, kemasan produknya masih sederhana dan sistem pemasaran pun tergolong konvensional. Namun sejak 2019, ada secercah harapan ketika Rumah BUMN (RB) Rembang yang diinisiasi PT Semen Indonesia (Persero)Tbk (SIG) dan PT Semen Gresik (PTSG) berdiri.

Usaha UD Orselo berkembang, setelah difabel asal Rembang ini bergabung menjadi mitra binaan RB Rembang.

Baca Juga: Semen Gresik dan BPBD Rembang Latih Warga Desa Criwik Tanggap Bencana

Di RB ini, UKM-nya mendapatkan program pendampingan dan pelatihan agar usaha bisnisnya naik kelas. Beberapa manfaat yang diproleh, di antaranya terkait packaging dan izin usaha, pelatihan pengembangan usaha, dan kesempatan untuk ikut serta dalam UMKM Kokoh.

“Ilmu yang diberikan oleh para mentor melalui pelatihan di RB Rembang mengubah mindset saya tentang bisnis yang baik. Berkat mentoring dari Semen Gresik lewat RB, omzet UD Orselo naik 50 persen hingga Rp10 jutaan per bulan. Saya berterima kasih kepada Semen Gresik atas pendampingan ini,’’ aku Saroni saat dihubungi pada Senin (4/7/2022).

Selama menjalin kemitraan, kata Saroni, pihaknya dibantu untuk mengembangkan jejaring dengan para pelaku UKM, sektor pemerintah, dan para tokoh. Saroni juga mengaku menjadi lebih percaya diri karena fasilitator dan mitra lainnya tidak pernah menganggapnya berbeda.

UMKM Binaan Semen Gresik (2)
Saroni, difabel yang kini jadi pengusaha makanan kecil menjadi salah satu UMKM binaan Semen Gresik. (Istimewa)

Senior Manager Komunikasi dan CSR PTSG, Dharma Sunyata, menyatakan apresiasi terhadap pencapaian UD Orselo yang kian berkembang pesat.

Baca Juga: Semen Gresik Gelar Goes to School, Dukungan Mutu Pendidikan di Sekitar Pabrik

Dia menandaskan pendampingan kepada difabel di Rembang yang menekuni bisnis UKM, sebagai bentuk dukungan dan komitmen Semen Gresik atas terciptanya masyarakat inklusif yang peduli pada kesejahteraan kaum difabel di wilayah operasional perusahaan.

Nilai manfaat program pemberdayaan, kata Dharma, yaitu menguatkan kapasitas usaha kelompok disabilitas di wilayah Rembang dan Blora untuk mencapai kemandirian, serta menciptakan ekosistem sosial sehat dan ekonomi meningkat yang berkelanjutan.

“Sahabat difabel kami beri kesempatan yang sama untuk mengikuti kompetisi UMKM Kokoh sebagai bentuk apresiasi terhadap UKM mitra yang mau berkembang bersama RB Rembang,’’ tandas Dharma.

Dharma menyebut selama pendampingan, difabel mendapatkan berbagai improvement, baik secara kemasan, brand, maupun manajemen produksi.

Baca Juga: Didukung Semen Gresik, Hampers Buatan UMKM Rembang Terjual Ribuan Paket

UKM yang bermitra dengan RB Rembang, lanjut dia, mayoritas bergerak di kerajinan bonggol jagung, kerupuk rambak, kacang bawang, pangsit, kerupuk pati, kopi, hand sanitizer, konektor masker, hingga fashion.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.