Semen Gresik dan BPBD Rembang Latih Warga Desa Criwik Tanggap Bencana

Sub Koordinator Pencegahan BPBD Rembang menyatakan bahwa PT Semen Gresik  telah membantu dalam proses Optimalisasi Desa Tangguh Bencana.

Semen Gresik dan BPBD Rembang Latih Warga Desa Criwik Tanggap Bencana Peserta acara melakukan praktik pertolongan pertama saat terjadi bencana yang dipandu oleh BPPD Rembang. (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG-PT Semen Gresik (PTSG) berkolaborasi dengan BPBD Rembang dan Pemerintah Desa Criwik melaksanakan kegiatan Optimalisasi Desa Tangguh Bencana di Desa Criwik, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Rabu (22/6/2022).

Ada pun sejumlah kegiatan yang digelar antara lain sosialisasi dan simulasi tanggap bencana, pembuatan dan penempatan tanda-tanda peringatan bencana, pembuatan pos siaga bencana, serta penyediaan alat early warning system. Hadir dalam kesempatan tersebut Perwakilan Manajemen PTSG, Kepala Pelaksana BPBD Kab Rembang, Forkopimcam Pancur, Pemdes Criwik, Lembaga Desa, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama Desa Criwik.

Senior Manajer Komunikasi & CSR PT Semen Gresik menjelaskan bahwa kegiatan Optimalisasi Desa Tangguh Bencana bekerja sama dengan BPBD Rembang ini merupakan komitmen perusahaan untuk mencapai misi Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana.

Baca Juga: Ditunjuk Direktur Produksi PT Semen Gresik, Reni Wulandari Siap Jawab Tantangan

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan warga untuk mengenali ancaman bencana di wilayahnya, serta agar warga mampu mengorganisasikan sumber daya untuk mengurangi kerentanan dan risiko bencana.

“Perusahaan melihat bencana bukan hanya urusan pemerintah. Perlu adanya sinergi dalam penanggulangan bencana dari segala sektor masyarakat. Semen Gresik berkomitmen untuk mengambil peran dalam hal tersebut,” ujar Dharma dalam siaran pers yang diterima Semarangpos.com pada Kamis (23/6/2022).

Baca Juga:  Didukung Semen Gresik, Hampers Buatan UMKM Rembang Terjual Ribuan Paket

Menurut Dharma, pada 2020 telah ditandatangani nota kesepahaman antara PT Semen Gresik dengan BPBD Kabupaten Rembang terkait kerja sama dalam upaya penanggulangan bencana. Desa Criwik kemudian dipilih sebagai sasaran program Desa Tangguh Bencana sesuai hasil pengkajian risiko potensi bencana dari BPBD Kabupaten Rembang.

semen gresik bpbd rembang
Foto bersama perwakilan PTSG, Forkopimcam Pancur, Pemdes Criwik, dan Tim BPBD Rembang di depan Pos Siaga Bencana. (Istimewa)

Sub Koordinator Pencegahan BPBD Rembang menyatakan bahwa PT Semen Gresik  telah membantu dalam proses Optimalisasi Desa Tangguh Bencana. Sebagai sebuah lembaga pemerintah yang bertugas dalam penanggulangan bencana, BPBD Rembang membutuhkan bantuan dari banyak pihak, salah satunya PTSG sebagai korporasi. Ia berharap kerja sama antara BPBD Rembang dan PTSG dapat tetap terjalin secara berkesinambungan.

Baca Juga: Semen Gresik Sukses Kampanye Zero Gratification, Ini Indikatornya

“BPBD Rembang tidak dapat berjalan sendiri tanpa bantuan dari pelaku usaha dalam upaya edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat. Peran PTSG sangat dibutuhkan dalam proses edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pengetahuan kebencanaan, ” tandas Yahya.

Kegiatan penanggulangan bencana termasuk dalam Program TJSL Pilar Sosial. Pilar ini bertujuan untuk mendorong tercapainya pemenuhan hak dasar manusia secara adil dan setara agar tercipta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Kegiatan penanggulangan bencana oleh PTSG telah dilakukan sejak tahun 2017, yang terdiri dari: Kegiatan tanggap bencana Covid-19, banjir, kebakaran, longsor, dan gunung meletus.

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.