Keren! Siluet Wajah di Karung Goni Karya Pria di Kudus Ini

Seorang pemuda di Kudus bernama Nunung Ervana itu mengubah goni menjadi siluet wajah para tokoh bangsa.

Keren! Siluet Wajah di Karung Goni Karya Pria di Kudus Ini Pria di Kudus, Nunung Ervana mengubah limbah jadi siluet wajah tokoh bangsa, Senin (27/9/2021). (Detik.com)

Semarangpos.com, KUDUS — Kreatifitas seorang pria di Kudus, Jawa Tengah patut diacungi jempol. Karena menyulap karung goni menjadi barang memiliki ekonomi tinggi. Pria bernama Nunung Ervana itu mengubah goni menjadi siluet wajah para tokoh bangsa.

“Ini karya siluet anak bangsa, karena bahannya dari goni dan inspirasi dari masa pandemi. Kita mencoba untuk inkubasi untuk sampah kita jadikan nilai. Yang tidak bernilai menjadi nilai tinggi,” kata Nunung, di kediamannya Desa Piji, Kecamatan Dawe, Senin (27/9/2021).

Pantauan di lokasi Nunung tengah menggarap siluet wajah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Nunung tampak lihai membuat siluet tersebut.

Baca juga: Uniknya Brownies Batik Asal Klaten

Terlihat di tempatnya bekerja ada beberapa siluet wajah para tokoh bangsa. Mulai dari Ir. Sukarno hingga Gus Dur.

Dia mengatakan proses pembuatannya membutuhkan waktu sekitar tiga sampai tujuh hari. Bahan yang digunakan berasal dari dari karung goni dan juga limbah pabrik. Ukuran siluet wajah yang sudah jadi yakni 35 cm x 45 cm.

“Karung goni sama limbahnya garmen dan polytron. Limbah sepatu sama limbah sandal jepit. Ukurannya 35 cm x 45 cm. Proses pembuatan tiga hari sampai selesai tujuh hari,” terang dia.

Baca juga: Komplotan Pembobol ATM di Jateng Diringkus

Proses Pembuatan Siluet Wajah

Nunung mengatakan proses pembuatan dimulai dari membuat sketsa hingga menempel karung goni, limbah sepatu dan sandal jepit. Sebulan dia mengaku mengerjakan 20 pesanan siluet wajah para tokoh bangsa dan juga pesanan pribadi.

“Prosesnya kita buat wajah mereka atau yang customer. Kita buatkan siluet kita kerjakan kita dipotongin semua. Habis itu kita coba desain semaksimal mungkin biar untuk cerah. Inilah nilai-nilai seni rupa kita bisa ambilkan,” jelasnya.

Dia menjelaskan pesanan datang dari orang biasa hingga anggota DPR. Penjualan siluet wajah dilakukan secara online dan offline. Satu siluet wajah dipatok harga Rp250.000.

“Kalau sekarang pesanan dari DPR, instansi, kementerian, juga ada teman-teman, karena kita customer. Kemarin dewan ke sini,” jelas Nunung.

Baca juga: Memprihatinkan, Kondisi Rumah Yang Ditempati Keluarga di Brebes Ini

“Kita online dan offline, alhamdulillah sudah sampai nusantara. Karena mengiringi pandemi. Harganya Rp250.000 per item,” sambungnya.

Dia menambahkan keahlian menggambar wajah didapatkan saat masih di pesantren. Kini keahlian itu diterapkan untuk mendapatkan penghasilan. Karena pekerjaan sebelumnya terdampak pandemi Corona.

“Dulu saat pesantren kita ada ekstra. Ini berdiri sejak awal pandemi, di saat ada kirab budaya kita coba siluet, habis itu pandemi. Terus bagaimana mensiasati dan mencari cara disaat pandemi. Alhamdulillah kita coba inovasi saling kasih masukan. Dan alhamdulillah jadi peci goni, siluet,” ungkap Nunung yang sudah berkeluarga.

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.