Tutup Iklan

Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Pasokan BBM & Elpiji Jateng DIY Aman

Pertamina memastikan pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jateng dan DIY tidak terdampak kebakaran kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu.

Kilang Minyak Balongan Kebakaran, Pasokan BBM & Elpiji Jateng DIY Aman Ilustrasi pengisian BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum. (Dok. Bisnis.com-Nurul Hidayat)

Semarangpos.com, SEMARANG – Kebakaran yang melanda kilang minyak Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat (Jabar) beberapa hari lalu dipastikan tidak memberikan dampak pada distribusi bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hal ini disampaikan Manajer Komunikasi, Relasi dan CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah (JBT), Brasto Galih Nugroho, Rabu (31/3/2021).

Menurut Brasto, sebagian besar pasokan BBM dan elpiji wilayah Jateng dan DIY berasal dari Refinery Unit (RU) IV Cilacap melalui tujuh integrated fuel dan elpiji terminal yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca juga: Sejak Januari 2021, 9 Kebakaran Terjadi di Grobogan, Kerugian Rp2,8 M

Untuk pasokan BBM dan elpiji di Jateng penyaluran dilakukan fuel terminal di Boyolali, Maos, Lomanis, Tegal, Semarang dan Cilacap. Sedangkan untuk wilayah DIY, distribusi BBM dan elpiji ditangani Fuel Terminal Rewulu di Kabupaten Bantul.

“Sedangkan untuk depot pengisian pesawat udara (DPPU) Bandara Ahmad Yani Semarang, avturnya juga konsolidasi Fuel Terminal Rewulu,” ujar Brasto dalam keterangan resmi.

Avtur

Brasto menambahkan bahwa DPPU Adisutjipto Yogyakarta, DPPU Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo, DIY dan DPPU Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah disuplai avturnya dari RU IV Cilacap.

“Kami sangat prihatin dengan yang terjadi di Balongan, Indramayu. Namun pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jateng dan DIY, kami pastikan aman dan tak terdampak,” imbuh Brasto.

Baca juga: Banjir di Jateng, Pertamina Bagikan 350 Tabung Bright Gas

Brasto menambahkan saat ini rata-rata ketahanan stok BBM di fuel terminal yang ada di Jateng dan DIY adalah 11 hari. Dengan ketahanan stok itu, ia pun meminta konsumen tidak khawatir dengan ketersediaan BBM maupun elpiji.

“Konsumen juga bisa memberikan pertanyaan atau masukan terkait pasokan maupun distribusi BBM, elpiji dan produk lainnya dari Pertamina melalui nomor 135. Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi ke seluruh pelanggan yang setia menggunakan produk kami,” tutur Brasto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.