Mahasiswa Unisbank Semarang Dilatih Cyber Security

Perusahaan start up yang bergerak di bidang keamanan data, Widya Security, memberi materi kuliah cyber security di Kampus Unisbank Semarang.

Mahasiswa Unisbank Semarang Dilatih Cyber Security Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unisbank Semarang, Kristophorus Hadiono (kiri), melakukan kesepakatan kerja sama dengan CTO Widya Security, Tri Febianto, di Kampus Unisbank Semarang, Jumat (10/5/2021). (Semarangpos.com-Humas Unisbank Semarang)

Semarangpos.com, SEMARANG – Perusahaan start up di bidang layanan dan keamanan data, Widya Security, memberikan materi perkuliahan bidang cyber security kepada mahasiswa Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang, Jumat (10/6/2021).

Selain memberikan materi perkuliahan, dalam kesempatan itu juga ditandatangani perjanjian kerja sama antara Cyber Security dan Unisbank Semarang terkait pelatihan cyber security.

“Kami ingin membantu mencetak cyber security squad di Indonesia. Ini juga sejalan dengan program Mendikbud, yakni Kampus Merdeka,” ujar Chief Technology Officer (CTO) Widya Security, Tri Febianto, dalam keterangan tertulis yang diterima Semarangpos.com, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Udinus Semarang Raih Penghargaan dari MarkPlus Inc, Ini Penyebabnya…

Tri mengatakan saat ini hamper semua orang di belahan dunia sangat bergantung dengan teknologi. Mulai dari level individu hingga instansi, semua memanfaatkan internet untuk berkegiatan.

Namun, internet seringkali mempunyai celah keamanan yang bisa dieksploitasi hacker atau peretas. Lebih buruknya lagi, hackers tidak berhenti berinovasi dalam menggembangkan berbagai jenis serangan digital yang sulit terdeteksi.

Fenomena Gunung Es

Dekan Fakultas Teknologi Informasi Unisbank Semarang, Kristophorus Hadiono, menilai kasus-kasus cyber crime yag berkaitan dengan data pasti dalam bentuk gunung es. Hanya sedikit terekspose dan penanganannya masih belum bisa memberikan kepastian bagi pengguna.

“Tren kedepan, sistem informasi akan memadukan teknologi yang muncul dan berkembang seperti AI, ML, Blockchain, VR, AR, Quantum Computing, Data Learning, Privacy, dan Security. Paduan itu akan memberikan dampak signifikan kepada user,” ujar Kristophorus.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengamanan Persandian dan Informasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, Subroto Budhi Utomo, berharap kerja sama antara Widya Security dengan Unisbank akan meningkatkan kesadaran di bidang keamanan informasi, khususnya pada mahasiswa. Hal ini akan membuat mahasiswa menjadi lebih mengetahui prospek industri keamanan informasi kedepannya.

Baca jugaLonjakan Covid-19, PMI Jateng Terjunkan 8 Unit Mobil Gunner

“Meningkatnya security awareness dan dibarengi rasa tanggung jawab tinggi, akan memberikan dampak positif dalam menjaga kedaulatan NKRI, terutama dalam dunia siber,” ujar Subroto.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.