Nama Wali Kota Salatiga Dicatut untuk Penipuan Via SMS

Aksi penipuan dengan menggunakan nama Wali Kota Salatiga tengah beredar melalui layanan pesan singkat atau short messages service (SMS) di telepon seluler.

Nama Wali Kota Salatiga Dicatut untuk Penipuan Via SMS Wali Kota Salatiga, Yuliyanto. (Semarangpos.com-Nadia Lutfiana Mawarni)

Semarangpos.com, SALATIGA — Nama Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, dicatut oknum tak bertanggung jawab untuk untuk melancarkan aksi penipuan melalui layanan pesan pendek, atau short message service (SMS).

Aksi penipuan dengan menggunakan nama Wali Kota Salatiga itu mengabarkan kepada korban melalui SMS bahwa yang bersangkutan memenangkan undian berhadiah televisi.

Yuliyanto mengetahui jika namanya dicatut untuk penipuan. Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga itu mengetahui hal tersebut setelah seorang warga memberitahukan.

Oro-Oro Kesongo Blora Semburkan Lumpur & Gas, 19 Ekor Kerbau Hilang

“Warga itu bertanya ke saya. Dia mengirimkan pesan yang diperoleh. Ada beberapa tadi yang menanyakan,” ujar Wali Kota Salatiga, Kamis (27/8/2020).

Yuliyanto mengatakan dirinya menerima sejumlah pesan yang bertuliskan, “Slmt pagi bapak… maaf kami mau nanya… apakah dari bapak membagikan hadiah berupa TV 29″ ke warga… barusan ada penelpun yang mengatakan nomor telpon anda terpilih sebagai pemenang kedua… dan mendapat hadiah TV dari bapak Walikota… H. Yulianto… suwun… mohon penjelasannya..”.

Yuliyanto mengatakan dirinya tak pernah membagikan hadiah berupa televisi. Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang menerima pesan tersebut untuk mengabaikan.

“Kalau memang ada pemberian hadiah, pemberitahuannya tidak melalui SMS. Tapi, melalui perangkat. Bisa dari kecamatan, kelurahan, atau Dinas Sosial,” kata Yuliyanto.

Ngontel ke Kantor, Wali Kota Salatiga Dicurhati Penyapu Jalan

Yuliyanto juga mengimbau kepada masyarakat yang merasa dirugikan dengan SMS itu untuk melapor ke aparat kepolisian.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Salatiga, AKP Akhwan Nadzirin, meminta masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan pesan yang menawarkan sejumlah hadiah. Bisa jadi pesan yang biasa disampaikan melalui telepon seluler itu merupakan penipuan.

“Sampai saat ini kami belum menerima laporan adanya penipuan dengan menggunakan nama Wali Kota Salatiga. Tapi, kami sudah berkomunikasi dengan Wali Kota Salatiga terkait hal ini. Kami akan lakukan penyelidikan,” ujar Kasat Reskrim.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.