Panggung Kahanan Ganjar Pranowo Kumpulkan Rp425 Juta untuk Seniman

Panggung Kahanan yang digagas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, selama pandemi Covid-19 berhasil mengumpulkan donasi sekitar Rp425 juta.

Panggung Kahanan Ganjar Pranowo Kumpulkan Rp425 Juta untuk Seniman Panggung Kahanan yang disiarkan secara live melalui channel Youtube dan Facebook Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Instagram—ganjar_pranowo)

Semarangpos.com, SEMARANG Panggung Kahanan yang digelar di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, selama bulan Ramadan, beberapa waktu lalu, memang telah usai.

Meski demikian, acara itu ternyata sanggup mengumpulkan donasi total Rp425.990.991. Donasi itu disalurkan kepada seniman Jateng melalui tiga kelompok, yakni Proposal Program, Submit Karya, dan Bantuan Langsung Tunai.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman seniman yang turut berpartisipasi dalam Panggung Kahanan. Mereka tampil sukarela dan semangat kebersamaan sebagai wujud sumbangan seniman pada penanganan Covid-19,” ujar penanggung jawab Panggung Kahanan, Anton Sudibyo, Minggu (7/6/2020).

Sejak 4-22 Mei, Panggung Kahanan telah digelar sebanyak sembilan kali. Setiap season diisi dengan berbagai pertunjukan dari para seniman di Jateng.

Pertunjukan di Panggung Kahanan itu digelar dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pembatasan jarak. Selain itu, pertunjukkannya juga disiarkan secara langsung melalui Youtube milik Ganjar Pranowo.

Selain menampilkan pertunjukan, dalam acara itu juga digelar donasi yang diperuntukan bagi seniman di Jateng. Seniman di Jateng selama ini juga menjadi kelompok terdampak pandemi Covid-19, menyusul banyaknya event seni yang dibatalkan.

Dari seniman untuk seniman

“Jadi pertunjukan ini dari seniman untuk seniman. Tapi, karena kami ingin dana ini terus bergulir maka penyaluran tidak berhenti sekadar menyerahkan uang atau barang, tapi sebisa mungkin menghasilkan karya atau manfaat lain,” imbuh Anton.

Penyaluran donasi tersebut, sebagaimana diunggah akun @panggungkahanan.id dan di-repost @ganjar_pranowo  memiliki tiga ketentuan.

Submit Karya mendapat porsi senilai Rp105 juta, Proposal Program Rp245 juta. Sementara sisanya masuk kategori Bantuan Langsung Tunai yang diperuntukan bagi seniman yang dilanda sakit atau memerlukan biaya pendidikan anak. Proses penentuan tiga kategori penerima donasi itu akan diakhiri pada 21 Juni 2020.

Ganjar Pranowo mengatakan, penyaluran dana tersebut sesuai dengan semangat Panggung Kahanan sejak awal yakni mendorong seniman tetap berkarya meski di tengah pandemi.

“Mudah-mudahan Panggung Kahanan ini tetap mendorong seniman untuk berkarya. Makanya kita dorong untuk ada donasi agar teman-teman seniman tetap urip [hidup],” ujar Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.