Paus Terdampar di Sungai, Nelayan Cilacap Gotong-Royong Kembalikan ke Laut

Nelayan Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (21/12/2019), berusaha mengembalikan seekor paus yang terdampar di Sungai Ujungmanik ke Plawangan di sebelah barat Pulau Nusakambangan sehingga bisa kembali ke laut lepas.

Paus Terdampar di Sungai, Nelayan Cilacap Gotong-Royong Kembalikan ke Laut Nelayan Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (21/12/2019), berusaha mengembalikan seekor paus yang terdampar di Sungai Ujungmanik ke Plawangan di sebelah barat Pulau Nusakambangan sehingga bisa kembali ke laut lepas. (Antara-Pemdes Ujungmanik)

Semarangpos.com, PURWOKERTO – Nelayan Desa Ujungmanik, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (21/12/2019), bergotong-royong mengembalikan seekor paus yang terdampar di Sungai Ujungmanik ke laut lepas.

“Keberadaan paus yang terdampar tersebut kali pertama diketahui nelayan asal Ujungmanik tadi pagi, sekitar pukul 06.00 WIB,” kata Kepala Desa Ujungmanik Sugeng Budiyatno saat dihubungi Kantor Berita Antara dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Nelayan tersebut, lanjut dia, segera menginformasikan temuannya kepada nelayan lainnya. Menurut dia, sedikitnya 20 nelayan berusaha mengevakuasi paus yang memiliki panjang tubuh lebih dari 8 m itu dengan peralatan seadanya.

“Saat ditemukan, paus tersebut masih dalam keadaan hidup meskipun ada beberapa luka yang diduga akibat benturan. Alhamdulillah, nelayan berhasil mengevakuasi paus tersebut melalui perairan Segara Anakan menuju Plawangan di sebelah barat Pulau Nusakambangan hingga akhirnya bisa kembali ke laut lepas pada pukul 09.30 WIB,” katanya.

Meskipun baru kali pertama terjadi, keberadaan paus yang terdampar di Sungai Ujungmanik tidak sampai menarik perhatian masyarakat karena lokasinya berjarak sekitar 1 km dari permukiman warga di Desa Ujungmanik, Kecamatan Kawunganten, Cilacap.

Ia menduga paus tersebut masuk ke Sungai Ujungmanik yang bermuara di perairan Segara Anakan itu ketika airnya sedang pasang hingga akhirnya terdampat saat surut. “Mungkin paus itu masuk ke Sungai Ujungmanik saat air di Segara Anakan sedang pasang tadi pagi sekitar pukul 04.00 WIB hingga 05.00 WIB. Kami tidak tahu jenis paus yang terdampar itu,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.