Pembangunan Rutan Kelas I Semarang Habiskan Rp25 Miliar

Pembangunan Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas I Semarang ditarget selesai Desember 2021 dengan anggaran senilai Rp25 miliar.

Pembangunan Rutan Kelas I Semarang Habiskan Rp25 Miliar Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspharuddin, menekan tombol saat acara seremonial groundbreaking pembangunan Rutan Kelas I Semarang, Rabu (25/8/2021). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG — Pembangunan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Semarang telah resmi dimulai. Pembangunan gedung yang menghabiskan dana Rp25 miliar itu telah memasuki tahap groundbreaking, Rabu (25/8/2021).

Acara groundbreaking yang dilakukan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jateng, A. Yuspharuddin.

Kakanwil berharap gedung yang terletak di Jalan Dr Cipto, Kota Semarang itu bisa menjadi solusi over kapasitas yang saat ini terjadi di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas I Semarang, atau LP Kedungpane.

Baca juga: LP Kedungpane Over Kapasitas, Ribuan Napi Jalani Vaksinasi

“Mudah-mudahan tempat ini bisa menambah kapasitas tempat untuk tahanan. LP Kelas I tidak lagi berisi 1.7000 orang karena sudah sesak. Jadi nanti sebagian bisa dipindahkan ke sini,” ujar Yuspharuddin di sela acara groundbreaking, Rabu.

Yuspharuddin menambahkan pembangunan Rutan Kelas I Semarang ditarget selesai 17 Desember nanti. Kendati cukup singkat, Yuspharuddin berharap target tersebut bisa tercapai dengan pengerjaan konstruksi sesuai rencana.

“Pengerjaannya tidak hanya selesai tepat waktu. Tapi juga tepat mutu. Waktunya tepat, mutunya juga tepat. Tidak hanya sekadar waktunya, tapi juga mutunya,” tegasnya.

Kakanwil Kemenkumham Jateng itu mengaku pembangunan Rutan Kelas I Semarang memang cukup penting. Terlebih lagi saat ini sejumlah LP di Jateng sudah mengalami over kapasitas, terutama LP Kelas I Semarang.

Kapasitas

LP Kelas I Semarang atau yang populer dengan sebutan LP Kedungpane saat ini dihuni sekitar 1.700 narapidana (napi). Padahal, kapasitas LP Kedungpane sebenarnya hanya cukup menampung sekitar 600 orang.

“Oleh karena itu kita harus membangun. Menambah kapasitas, sehingga orang (tahanan) tidak berdesakan, sehingga tidak melanggar HAM,” jelasnya.

Yuspharuddin menambahkan nantinya pembangunan Rutan Kelas I Semarang akan menghabiskan anggaran sekitar Rp25 miliar. Dana sebesar itu berasal dari pagu anggaran untuk LP Kelas I Semarang.

Baca juga: Dapat Asimilasi Covid-19, 26 Napi LP Kedungpane Semarang Bebas

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jateng, Supriyanto, menyebutkan Rutan Kelas I Semarang dibangun di atas lahan seluas 4.560 meter per segi.

Lahan itu berada di bekas lahan Rumah Penyimpanan Benda Sitan Negara (Rupbasan) Semarang. Nantinya, Rutan Kelas I Semarang akan terdiri dari tiga blok hunian dan bisa menampung sekitar 700 tahanan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.