Pendaftaran Dimulai, PPDB Online Jateng Siap Tampung 213.932 Siswa

Pendaftaran PPDB online SMA/SMK negeri di Jateng telah dimulai sejak Senin (21/6/2021) dengan daya tampung sekitar 213.932 siswa.

Pendaftaran Dimulai, PPDB Online Jateng Siap Tampung 213.932 Siswa Ilustrasi PPDB online di Jateng. (Dok. Solopos.com)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) online jenjang SMA/SMK negeri di Jawa Tengah (Jateng) resmi dimulai Senin (21/6/2021).

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Syamsudin Isnaini, mengatakan PPDB SMA/SMK negeri Jateng berbasis online tahun ini memiliki daya tampung sekitar 213.932 siswa.

“Total tahun ini ada sekitar 500.000 lulusan SMP sederajat di Jateng. Sedangkan, untuk daya tampung PPDB online SMA/SMK negeri di Jateng hanya berkisar 213.932 siswa atau sekitar 42% dari total lulusan yang ada,” ujar Syamsudin saat dijumpai Semarangpos.com di kantornya, Senin (21/6/2021).

Baca jugaPPDB Jateng 2021 Dibuka 21 Juni, Ini Alur Pendaftarannya…

Syamsudin menambahkan dari 213.932 kuota itu, sekitar 114.008 kursi untuk calon peserta didik SMA. Sedangkan sisanya, 99.884 siswa untuk SMK negeri.

Jumlah SMA negeri di Jateng hingga saat ini mencapai 360 sekolah. Sedangkan SMA negeri mencapai 236 sekolah.

Pendaftaran PPDB online SMA/SMK negeri Jateng ini akan berlangsung hingga 24 Juni. Setelah itu, tahapan pendaftaran akan dilakukan dalam penempatan jurusan pada tanggal 25 Juni dan pengumuman pada 26 Juni.

“Setelah itu, pada tanggal 28 Juni, peserta yang diterima diminta untuk melakukan registrasi ulang,” imbuh Syamsudin.

Hari Pertama Lancar

Sementara itu, pelaksanaan PPDB hari pertama berlangsung lancar. Permasalahan seperti gangguan sistem, server, hingga sinkronisasi data yang kerap menghantui pelaksanaan PPDB sebelumnya tidak terjadi.

Syamsudin mengaku pihaknya sudah melakukan persiapan secara matang pada pelaksanaan PPDB kali ini. Sederet permasalahan yang kerap terjadi pada tahun-tahun sebelumnya mulai bisa diatasi.

“Secara makro, sistem lancar tidak ada gangguan. Dalam pantauan kami, server dan sebagainya lancar sejak detik pertama pendaftaran dibuka. Bahkan pada detik kelima, pendaftaran yang mengakses mencapai 5.000-an. Sampai pukul 10.00 WIB, tercatat ada 56.000 pendaftar yang mengakses ke laman kami dan tidak ada masalah,” terangnya.

Baca juga: PPDB Jateng 2021, Anak Nakes Dapat Kuota 5%

Syamsudin meminta masyarakat tidak perlu khawatir dengan tingginya traffic akses ke layanan PPDB. Ia Ia mengklaim sistem PPDB kali ini mampu melayani hingga 1 juta  pengakses setiap harinya.

“Jadi kalau jumlah lulusan SMP/MTS sederajat mencapai 500.000, dengan kemampuan sistem kami yang bisa menampung 1 juta pengakses setiap harinya, tidak akan ada masalah. Kami yakin tidak ada kendala dan lancar bagi calon peserta didik untuk mengakses laman PPDB Jateng,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.