Perajin Purbalingga Dirikan Pusat Batik Khas, Begini Harapannya…

Para perajin batik Purbalingga mendirikan pusat batik khas demi memudahkan konsumen dalam memilih corak batik khas wilayah setempat.

Perajin Purbalingga Dirikan Pusat Batik Khas, Begini Harapannya… Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (kanan) mengunjungi Pusat Batik Purbalingga. (Antara-Humas Pemkab Purbalingga)

Semarangpos.com, PURBALINGGA — Sejumlah perajin batik di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mendirikan pusat batik demi memudahkan konsumen dalam memilih corak batik khas wilayah setempat. Pusat Batik Khas Purbalingga itu dibangun di Taman Kota Usman Janatin.

“Pusat batik ini kami beri nama Wastralingga yang secara filosofi mengandung makna kain yang bernilai budaya yang berasal dari Purbalingga,” kata Ketua Sentra Batik Purbalingga Yoga Prabowo di Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (5/7/2020).

Dia mengatakan Wastralingga merupakan kumpulan dari 20 sentra batik yang beranggotakan 470 perajin batik asal Purbalingga.

Om Hao Bilang Makhluk Astral Bisa Sukai Manusia

Dia menambahkan pendirian Wastralingga dilatarbelakangi oleh keluhan beberapa konsumen yang mengaku kesulitan dalam mencari corak atau jenis batik khas setempat. “Pasalnya di wilayah Kabupaten Purbalingga banyak terdapat sentra-sentra batik yang tersebar di sejumlah kecamatan dengan jarak yang cukup jauh sehingga konsumen kesulitan untuk mendatangi satu per satu,” katanya.

Sentra Batik Populer

Dia mencontohkan sentra batik yang cukup populer di Purbalingga di antaranya sentra batik Galuh, Selabaya, Limbasari, Majapura, Tlagayasa, Karangduren, Karangtalun, Pekiringan, Karangcengis, Tlahap Lor dan Tlahap Kidul. Ada pula sentra batik Cipaku dan Metenggeng di Kecamatan Mrebet.

Nasi Berkat Warga Sukoharjo Pengobat Rindu

“Dengan demikian kami berinisiatif mendirikan pusat batik ini agar konsumen lebih mudah dalam memilih corak batik khas wilayah setempat dan waktu yang dipergunakan bisa lebih efisien,” katanya.

Dia juga berharap pusat batik tersebut akan berkontribusi positif dalam upaya mempromosikan dan memasarkan batik khas wilayah setempat. “Ini merupakan salah satu upaya untuk mempromosikan batik khas Purbalingga kepada masyarakat baik secara lokal maupun nasional,” katanya.

Keberadaan pusat batik tersebut, tambah dia, diharapkan dapat mendorong semangat dan eksistensi para perajin batik lokal di tengah pandemi Covid-19. “Semoga para perajin batik di wilayah ini dapat terus semangat dalam berkarya dan menciptakan batik berkualitas tinggi,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.