PPDB Online SMA/SMK Negeri Jateng Eror, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan…

Pelaksanaan PPDB online SMA/SMK negeri di Jateng 2020 hari pertama, Rabu (17/6/2020) diwarnai masalah karena server sempat mengalami eror.

PPDB Online SMA/SMK Negeri Jateng Eror, Ini Penjelasan Dinas Pendidikan… Ilustrasi PPDB Online. (Dok. Solopos)

Semarangpos.com, SALATIGA – Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB online tingkat SMA/SMK negeri di Jawa Tengah (Jateng) hari pertama, Rabu (17/6/2020) diwarnai masalah.

Sejumlah orang tua mengeluh kesulitan saat hendak melakukan aktivasi pada laman PPDB Online Jateng 2020. Bahkan, mereka menduga server menjadi penyebab akses pendaftaran tidak lancar.

Seperti yang dikeluhkan orang tua calon siswa asal Salatiga, Yunita Herawati. Yunita yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMA Negeri 3 Salatiga mengalami kendala saat mencoba melakukan pendaftaran secara online.

“Pendaftaran di awal sudah bisa, sudah bisa masuk ke beberapa form pengisian. Namun, saat akan diverifikasi malah berhenti dan lebih dari satu jam enggak ada pergerakan,” jelasnya kepada wartawan di Salatiga, Rabu siang.

Permasalahan yang dihadapi Yunita itu rupanya juga dialami orang tua lain yang berniat mendaftarkan anaknya pada PPDB online SMA/SMK di Jateng.

Bahkan beberapa di antaranya mengeluhkan permasalahan tersebut melalui media sosial Twitter dengan tanda pagar (tagar) #ppdbjateng2020.

“Ini gimana ya, server nya lag bat. Pas ditahap terakhir ada token email tu apaan. Sampe sekarang ga ada email yang masuk. @SIAPonline,” tulis akun @juniantodev di Twitter.

Tolong ini aktivasi akun susah bgt @SIAPonline @ganjarpranowo #ppdbjateng2020,” sambung akun @nilapuspitadevi.

Over kuota

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Jumeri, mengatakan gangguan pendaftaran PPDB online hari pertama itu bukan karena masalah teknis jaringan.

Gangguan lebih dikarenakan kuota verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Jateng yang tak mampu menampung.

“Bukan hang, pada jam 10.30 WIB akses data sebesar 300.000 dari Dukcapil [Dispermadesdukcapil Jateng] kuotanya habis. Sekarang sudah ditambah jadi 1 juta per hari. Alhamdulillah sudah lancar,” jelas Jumeri kepada Semarangpos.com.

Jumeri mengatakan over kuota terjadi di hari pertama PPDB online ini terjadi karena masyarakat masih beranggapan sistem pendaftaran tahun ini masih seperti tahun lalu.

“Mungkin masih beranggapan pendaftarannya cepat-cepatan. Padahal kan tidak. Jadi kami minta masyarakat untuk tidak panik dalam mendaftar SMA atau SMK,” tandasnya.

Sementara itu, jadwal pendaftaran PPDB online SMA/SMK negeri di Jateng dibuka mulai 17-25 Juni pukul 08.00-16.00 WIB. Evaluasi dan seleksi akan dilakukan 26-29 Juni dan pengumuman hasil seleksi pada 30 Juni 2020. Sedangkan, daftar ulang pada 1-8 Juni 2020.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.