Proyek Jateng Valley di Hutan Penggaron Semarang Resmi Dimulai

Pembangunan taman wisata Jateng Valley yang terletak di Hutan Wisata Penggaron, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) resmi dimulai.

Proyek Jateng Valley di Hutan Penggaron Semarang Resmi Dimulai Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melakukan peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan Jateng Valley di Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang, Rabu (16/6/2021). (Semarangpos.com-Istimewa)

Semarangpos.com, UNGARAN — Proyek taman wisata Jateng Valley yang berada di kawasan Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang mulai dikerjakan Rabu (16/6/2021).

Pengerjaan proyek taman wisata yang diklaim menjadi terbesar se-Asia Tenggara itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Ganjar menyebut Jateng Valley merupakan komitmen bersama pengembangan daerah. “Ini bagian dari survival kita di tengah pandemi ekonomi tetap coba kita gerakan. Potensi-potensi ekonomi kita gerakan. Ada potensi sosial kemasyarakatan bisa kita gabung dan Jateng Valley ini salah satunya,” ujar Ganjar saat acara peletakan batu pertama.

Baca jugaProyek Jateng Valley Segera Dimulai, Diklaim Jadi Tempat Wisata Terbesar se-Asia Tenggara

Ganjar mengatakan dengan peletakan batu pertama ini juga menandai bahwa di situasi pandemi suasananya tidak melulu haru biru. Namun juga jadi bukti seluruh pihak memiliki semangat untuk bisa bangkit dengan segala cara dan kekuatan.

“Pesan saya, ke depan desain yang dibuat betul-betul bisa mendorong pariwisata yang ciamik, bagus, punya faktor pembeda dengan yang lain,” tegasnya.

Di sisi lain, Ganjar meminta pada pengembang agar memprioritaskan bangunan-bangunan ikonik, sehingga bisa menjadi daya tarik wisatawan.

“Sehingga nanti kalau orang datang, Jateng Valley itu lo ada salah satu yang ikonik. Mereka pasiti akan melihat, ingin berfoto, kemudian ke sini,” imbuhnya.

Pohon Ditebang

Ganjar juga berpesan kepada pengelola agar pembangunan dilakukan dengan berorientasi lingkungan. Ia berharap tidak banyak area pohon yang ditebang untuk pembangunan taman yang menghabiskan dana mencapai Rp10 triliun.

“Pastikan sesedikit mungkin pohon yang dipotong karena ini sudah menjadi hutan yang sangat bagus. Orang kalau datang ke sini harapannya akan mendapat oksigen segar, gratis, Bahagia dan kemudian mendapatkan nilai tambah,” tuturnya.

Baca juga: Sambangi Saloka, Menparekraf Sandiaga Uno Saksikan Baru Klinthing Show

Sekadar informasi, pembangunan objek wisata Jateng Valley sebenarnya sudah direncakan sejak 2010 lalu. Meski demikian, pembangunan tersebut terkendala berbagai macam faktor hingga baru bisa dimulai saat ini.

Taman wisata tersebut akan menggunakan lahan Hutan Wisata Penggaron di Kabupaten Semarang sekitar 370 hektare. Dengan luas lahan itu, Jateng Valley pun digadang-gadang menjadi taman wisata terbesar se-Asia Tenggara.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.