RS Bhayangkara Semarang Kini Punya Laboratorium PCR

RS Bhayangkara milik Polda Jateng di Kota Semarang saat ini telah memiliki laboratorium PCR guna mendeteksi atau melakukan pemeriksaan Covid-19.

RS Bhayangkara Semarang Kini Punya Laboratorium PCR Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi (tengah), saat meresmikan Laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang, Jumat (13/11/2020). (Semarangpos.com-Humas Polda Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG – Layanan pemeriksaan atau tes polymerase chain reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona atau Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) bertambah. Hal tersebut menyusul didirikannya laboratorium PCR di RS Bhayangkara Semarang milik Kepolisian Daerah atau  Polda Jateng.

Laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang bahkan resmi beroperasi Jumat (13/11/2020). Peresmian dilakukan langsung Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi.

Kapolda Jateng mengatakan tes PCR dilakukan untuk mendeteksi material genetik virus corona atau mendiagnosis Covid-19.

Jateng Minta Tambahan 20 Tenaga Ahli Laboratorium PCR

“Pada situasi pandemi seperti sekarang ini sangat dibutuhkan pemeriksaan PCR. Tujuannya, untuk mengetahui dengan segera jika seseorang terpapar Covid-19, sehingga langsung bisa ditangani,” ujar Luthfi.

Sementara itu, Kepala RS Bhayangkara Semarang, Kombes Pol. Dr. dr. Sumy Hastry, mengatakan laboratorium PCR RS Bhayangkara Semarang saat ini masih menunggu proses sertifikasi Kementerian Kesehatan (Kemkes) agar bisa diakses masyarakat umum.

Laboratorium itu dibangun di atas lahan seluas 37 meter per segi. Laboratorium terdiri dari tiga  ruangan, yakni ruangan penerimaan sampel dan ekstraksi, ruangan mixing reagen, dan ruang pemeriksaan PCR.

“Kapasitasnya bisa melakukan pemeriksaan 100-150 spesimen per hari. Proses pemeriksaan diharapkan bisa selesai dalam tempo 1 hari, maksimal 3 hari,” ujar Sumy.

7 Daerah di Jateng Masuk Zona Merah Covid-19, Ganjar Instruksikan Kepala Daerah Lakukan Ini…

Selain laboratorium PCR, dalam kesempatan itu Kapolda Jateng juga meresmikan Klinik Forensik yang diperuntukan bagi perempuan dan anak.

Layanan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terpadu dan komprehensif kepada korban kekerasan seksual, terutama perempuan dan anak.

“Fitur aduan online dapat mudah diakses masyarakat melalui aplikasi yang tergabung dalam aplikasi pendaftaran RS Bhayangkara,” imbuh Sumy.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.