Tutup Iklan

Ruang VIP RSUD Kudus Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19

RSUD Loekmono Hadi di Kudus, Jawa Tengah (Jateng) mengalihfungsikan ruang perawatan VIP sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Ruang VIP RSUD Kudus Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 Ilustrasi RSUD Loekmono Hadi, Kudus, Jateng. (Antara)

Semarangpos.com, KUDUS — Rumah Sakit Umum Daerah Loekmono Hadi atau RSUD Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalihfungsikan ruang perawatan VIP sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi lonjakan pasien Covid-19.

“Dengan adanya penambahan 18 tempat tidur di ruang Paviliun Anggrek, maka di RSUD Kudus ada 137 tempat tidur untuk perawatan pasien COVID-19,” kata Direktur RSUD Loekmono Hadi Kudus, Abdul Aziz Achyar, Selasa (29/12/2020).

Jumlah tersebut, kata dia, belum termasuk 10 tempat tidur yang ada di ruang ICU (Intensive Care Unit) yang juga khusus untuk pasien Covid-19.

Rayakan Malam Tahun Baru di Semarang Hanya Boleh Sampai Pukul 23.00 WIB

Penambahan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 tersebut, tidak terlepas dari instruksi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. Dalam suratnya Gubernur Jateng meminta rumah sakit pemerintah yang menjadi rujukan penanganan pasien Covid-19 untuk menambah kapasitas tempat tidur.

Hal itu menyusul meningkatnya kebutuhan kamar karena kenaikan tren terkonfirmasi positif Covid-19.

“Mulai hari ini [29/12/2020], ruang anggrek digunakan dan saat sekarang sudah ada satu pasien Covid-19,” ujarnya.

Meskipun VIP, siapapun berhak memperoleh ruangan VIP di Anggrek II tersebut dengan pelayanan terstandarisasi karena tujuannya untuk antisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Untuk pasien umum yang biasanya menggunakan ruangan VIP, maka dialihkan ke ruang Edelweis 3 dan 4 dengan standar pelayanan yang sama.

Makamkan Pasien dengan Protokol Covid-19, RS di Banyumas Digugat Rp5 Miliar

Terkait dengan rumah sakit swasta, Abdul Aziz Achyar yang juga Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Kesehatan Kudus mengakui belum memberikan surat edaran untuk penambahan ruang isolasi.

“Kami berharap rumah sakit swasta juga menambah kapasitas jumlah tempat tidur untuk pasien Covid-19. Sehingga, ketika ada lonjakan pasien bisa tertangani,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.