Sakit Kepala Saat Berpuasa? Jangan Minum Obat, Begini Cara Mengatasinya…  

Saat menjalankan puasa seperti sekarang ini, sering kali sakit kepala menyerang kita.

Sakit Kepala Saat Berpuasa? Jangan Minum Obat, Begini Cara Mengatasinya…    Sakit kepala (femaline.co)

Semarangpos.com, SOLO – Saat menjalankan puasa seperti sekarang ini, sering kali sakit kepala menyerang kita. Apalagi saat cuaca panas, sakit kepala sering dikeluhkan. Bagaimana mengatasinya?

Disebut dalam beberapa penelitian, empat dari 10 orang yang sedang berpuasa mengaku pernah mengalami kondisi ini. Sakit kepala umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi obat penghilang nyeri seperti Paracetamol, Ibuprofen, serta Naproxen.

Namun jika kondisi ini terjadi saat berpuasa dan sangat mengganggu apa yang seharusnya Anda lakukan? Bila kita minum obat tentu puasa akan batal.

Transportasi Publik Beroperasi, Wali Kota Solo: Tempat Karantina Penuh, Ya Ben…

Melansir dari Health.US News, Rabu (22/4/2020) terdapat lebih dari 150 jenis sakit kepala, namun setiap jenisnya membutuhkan penanganan yang berbeda.

Perbedaan penanganan itu dikarenakan penyebab sakit kepala saat puasa tiap orang berbeda-beda, ini tergantung kondisi fisik serta seberapa parah sakit kepala yang dirasakan.

Berikut beberapa penyebab yang umum terjadi ketika seseorang mengalami sakit kepala saat berpuasa:

 

Dehidrasi

Rasa haus saat berpuasa merupakan hal yang lumrah. Namun jika Anda sampai mengalami sakit kepala, ini merupakan gejala dehidrasi. Dehidrasi umunya terjadi karena tubuh kekurangan cairan.

Belum Jualan, Warung Pinggir Jalan Purwodadi-Pati Malah Terbakar

Saat berpuasa sudah pastinya Anda tidak mengonsumsi cairan apa pun, namun sangat disarankan untuk minum cukup banyak air putih saat berbuka puasa maupun sahur, untuk mencegah dehidrasi.

Kekurangan Cairan

Dehidrasi atau kekurangan cairan menyebabkan volume otak Anda menyusut sehingga tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Akibatnya, selaput otak mengirimkan sinyal rasa sakit ke seluruh bagian otak.

Gejala lain dari dehidrasi adalah lemas, otot kram, sulit berkonsentrasi, urine berwarna pekat atau gelap, serta kulit sangat kering sampai bersisik dan mengelupas.

 

Hipoglikemia

Hipoglikemia merupakan kondisi tubuh lemas dan pusing karena kadar glukosa dalam tubuh menurun drastis. Glukosa atau gula monosakarida ini sangat dibutuhkan oleh otak sebagai sumber energi untuk beraktifitas sehari-hari.

Semarang Banjir dan Dilanda Longsor Akibat Hujan Deras

Nah, karena Anda tidak makan atau minum apapun selama berjam-jam, tubuh akan kekurangan glukosa dan tidak mampu memompa darah ke otak.

Alhasil jika Anda tidak mendapatkan asupan glukosa yang cukup selama berpuasa, pusing, mual, dan pikiran jadi linglung, tak dapat dihindari.

 

Putus kafein

Apakah Anda tergolong orang yang sehari-hari mengonsumsi minuman berkafein? Atau bahkan seorang pecandu kopi? Bisa jadi sakit kepala atau pusing yang Anda rasakan saat berpuasa dipengaruhi oleh hal tersebut.

Bandara Semarang Layani Penerbangan Lagi

Bagi seorang pecandu kafein, melewatkan sehari saja tanpa beberapa cangkir kopi akan menimbulkan pusing, lemas, mual, cemas, gelisah, serta sulit berkonsentrasi. Kondisi ini serupa jika perokok aktif tidak merokok beberapa jam saja.

Putus Kafein

Tak hanya itu, gejala putus kafein tidak dapat hilang dalam waktu singkat. Hal ini dapat bertahan mulai dari seharian penuh hingga dua bulan, tergantung pada seberapa sering mengonsumsi minuman berkafein.

 

Perubahan Pola Tidur

Selama Bulan Puasa Anda tentu mengalami perubahan pola tidur, karena harus bangun lebih pagi untuk makan sahur. Akibat dari jam biologis yang berubah ini membuat Anda jadi kurang tidur.

Gadis Indigo Bilang Hantu Lawang Sewu Semakin Malam Semakin Solid

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Missouri State University, kurang tidur dapat mengakibatkan sakit kepala yang menyakitkan dan memicu migrain pada beberapa orang.

Tak Perlu Khawatir

Namun tak perlu khawatir, sakit kepala saat berpuasa dapat diatasi dengan berbagai cara tanpa harus meminum obat seperti saran dari Jack M. Rozental, MD, PhD, spesialis migrain di Northwestern Memorial Hospital, Chicago.

Begini cara mengatasi sakit kepala tanpa minum obat:

 

Pijat ringan

Melakukan pemijatan ringan pada leher dan pelipis dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan nyeri akibat pusing. Pijatan ini terbukti ampuh untuk menghilangkan sakit kepala secara cepat, dan meringankan kerja otot di sekitar kepala yang tegang.

 

Tutup Mata dan Istirahat

Menutup mata dan beristirahat merupakan cara yang tak kalah efektif untuk meringankan psuing Anda. Duduklah di ruangan yang tenang dan gelap dengan mata tertutup untuk merileksasi tubuh Anda sebentar. “Pasien dengan sakit kepala secara naluriah mencari lingkungan yang gelap dan tenang di mana mereka dapat tidur setidaknya selama beberapa jam,” kata Rozental.

 

Kompres Air Hangat

Jika cara tersebut tidak berhasil coba letakkan bantal pemanas atau kain hangat di sekitar leher dan pangkal terngkorak Anda untuk meredakan pusing akibat saraf tegang. Jika hal ini tidak membantu, lakukan hal serupa menggunakan es batu sebagai gantinya.

 

Tidur

Selain menutup mata dan beristirahat, Anda juga dapat meringankan sakit kepala dengan cara tidur. Selain mendapat pahala dan baik bagi kesehatan tubuh, tidur juga dapat meredakan otot kepala yang menegang dan menyebabkan sakit kepala tersebut.

Diterjang Ombak, 5 Orang Pencari Ikan di Jepara Hanyut, 1 Selamat, 4 Hilang

Namun perlu diperhatikan, jangan tidur terlalu lama karena saat puasa tubuh Anda akan kekurangan cairan, tidur terlalu lama ini dapat menguras tenaga saat Anda bangun.

 

Hindari Stres

Beberapa masalah pusing juga disebabkan stres dan tekanan yang Anda alami. Oleh kerenanya, cobalah untuk sebisa mungkin menghindarkan diri dari sesuatu yang dapat membuat Anda stres. Selain itu, hindari lingkungan yang bising, tinggalkan pekerjaan sedikit lebih awal jika dapat dilakukan, atau minta pasangan untuk mengurus pekerjaan rumah atau anak-anak Anda.

 

Minyak Oles atau Balsam

Ada cara lain untuk meredakan sakit kepala saat puasa yaitu dengan mengoles minyak oles atau balsam pereda sakit yang kini banyak beredar di pasaran. Anda bisa memilih aroma yang Anda sukai. Rasa hangat dan aroma dari minyak oles bisa meredakan sakit kepala saat menjalankan puasa.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.