Sastrawan Ajip Rosidi Dirawat di RSUD Tidar Magelang

Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi, 82, menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

Sastrawan Ajip Rosidi Dirawat di RSUD Tidar Magelang Ajip Rosidi (kanan) dalam acara pemberian hadiah sastra daerah Rancage beberapa waktu lalu. (Antara-Istimewa)

Semarangpos.com, MAGELANG — Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi, 82, menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah. Ia sakit akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kabupaten Magelang, Jateng.

Anak keempat Ajib Rosidi, Nundang Rundagi, ketika dihubungi melalui telepon di Magelang, Senin (27/7/2020) malam, menyampaikan ayahnya dirawat di RSUD Kota Magelang. Ia sudah tiga hari lalu dirawat inap.

Ada Soto Ayam Legendaris di Kedai Pak Denuh Kudus

Akibat terjatuh tersebut, Ajip mengalami pendarahan di otak dan harus menjalani operasi. “Alhamdulillah, setelah menjalani operasi kondisi kesehatan bapak berangsur membaik dan kesadarannya mulai pulih,” katanya.

Ia menuturkan tiga hari lalu waktu malam hari ayahnya terjatuh di depan kamar dan sempat pingsan, kemudian dibawa ke rumah sakit. “Sampai di rumah sakit menjalani CT scan, ternyata mengalami pendarahan di otak maka harus dioperasi,” katanya.

Biasa Lakukan Perjalanan

Ia menyampaikan sebelum bulan puasa 2020, ayahnya tinggal bersamanya di Pabelan, Kabupaten Magelang. “Sebelumnya, Bapak biasa bepergian Jakarta-Bandung [di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jl. Garut No. 2],” katanya.

Pantaskah Kancil Si Pencuri Timun Dikurung Pak Tani?

Menurut dia, meskipun ayahnya sudah berusia 82 tahun, masih tetap aktif menulis. Ajib Rosidi, sastrawan yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.