Semen Gresik Luncurkan Program FMM 2021, Salurkan Rp1,5 Miliar untuk Desa

Semen Gresik melalui program FMM pada tahun 2021 telah mengkaji dan menentukkan pengalokasian dana bantuan agar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

Semen Gresik Luncurkan Program FMM 2021, Salurkan Rp1,5 Miliar untuk Desa Penyerahan simbolis Surat Perjanjian Bantuan Program FMM Tahun 2021 oleh Kepala Unit Komunikasi dan CSR, Dharma Sunyata, kepada Kepala Desa, yang diwakili oleh Kepala Desa Tegaldowo, Kundari. Sabtu (20/2/2021).

Semarangpos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (SG) melalui unit Corporate Social Responsibility (CSR) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan serta sosial masyarakat melalui musyawarah bersama Penyaluran Progam Forum Masyarakat Madani atau FMM SG tahun 2021.

Kegiatan tahunan ini membahas pengalokasian dana bantuan dari CSR PTSG dalam menunjang upaya percepatan pembangunan desa dan optimalisasi pemberdayaan masyarakat.

Hasil keputusan musyawarah ini telah disepakati bantuan senilai Rp1,5 miliar untuk program FMM yang berbasis partisipatif masyarakat dan padat karya di tahun 2021 yang akan disalurkan ke desa-desa sekitar perusahaan di dua kabupaten, Rembang dan Blora.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR, Dharma Sunyata, menyampaikan Semen Gresik melalui program Forum Masyarakat Madani atau FMM pada tahun 2021 telah mengkaji dan menentukkan pengalokasian dana bantuan agar sesuai kebutuhan dan tepat sasaran.

Baca Juga: Semen Gresik Pasok Produk Unggulan untuk Pembangunan Tol Semarang-Demak

“Dalam pengalokasian bantuan dana ke desa sekitar perusahaan, SG telah menentukan persentase alokasi anggaran yang dibagi pada tiga sektor, yaitu 70% untuk pembangunan infrastruktur, 20% untuk pemberdayaan masyarakat, dan 10% untuk sosial budaya,” kata Dharma Sunyata dalam siaran persnya, Sabtu, (20/2/2021).

Dalam proses musyawarah, setiap perwakilan perangkat desa mempresentasikan laporan atas program FMM desa yang telah dijalankan di tahun lalu dan pengajuan program untuk tahun 2021.

Untuk kemudian tim CSR PTSG akan memberikan masukkan serta evaluasi untuk pelaksanaan yang lebih optimal di tahun 2021 sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Omzet Ratusan Juta Rupiah, Rumah BUMN Semen Gresik Bantu UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Kehadiran Inspektur Inspektorat Kabupaten Rembang, Fahrudin dalam musyawarah bersama FMM tahun 2021 ini sekaligus menunjukkan komitmen dalam memastikan fungsi pengawasan bersama dalam tata kelola penggunaan anggaran yang bersumber dari APBDes termasuk jenis APBDes lain-lain seperti dana bantuan SG melalui FMM.

Perekonomian Desa

Kegiatan Mubes FMM 2021, setiap perwakilan perangkat desa mempresentasikan laporan atas program FMM desa pada tahun lalu dan mengajukan program untuk tahun 2021.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang, Sulistiyono, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas upaya SG selama ini dalam membantu kesejahteraan dan perekonomian desa.

Ia kembali mengingatkan kepada perangkat-perangkat desa untuk saling memberikan perhatian lebih kepada masyarakat di masa-masa pandemi Covid-19 yang semakin berat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran SG bersama-sama dengan kami berkomitmen dengan desa membangun Kabupaten Rembang dan Blora, ini perlu diapresiasi sekali,” Kata Sulistiyono.

Kundari, Kepala Desa Tegaldowo, menyampaikan musyawarah bersama FMM secara rutin dilaksanakan setiap tahun. Kundari sepakat bahwa pengajuan program harus secara matang dipersiapkan dengan rincian anggaran dana yang jelas.

Baca Juga: Kualitas Produk Prima, Semen Gresik Bidik Pasar China dan Malaysia

“Sebelum mengajukkan program, kami telah melakukan musyawarah desa terlebih dahulu. Seperti program pembangunan infrastruktur di desa Tegaldowo tahun lalu, sehingga kami bisa merasakan manfaatnya secara maksimal yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Kundari.

Kundari melanjutkan bahwa program pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan kelompok tani akan menjadi program unggulan di desanya tahun ini.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.