Semen Gresik Torehkan Capaian Positif di Usia 1 Dasawarsa

Di bidang sosial masyarakat, Semen Gresik mencatatkan capaian bergengsi di antaranya meraih penghargaan Tamasya Awards 2023 pada program Pengembangan dan Pemberdayan Masyarakat (PPM) dan Penghargaan Subroto Awards dari Kementerian ESDM RI.

Semen Gresik Torehkan Capaian Positif di Usia 1 Dasawarsa Prosesi pemotongan tumpeng HUT ke-10 oleh Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, yang diberikan secara simbolis kepada Komisaris Utama PT Semen Gresik, Otok Kuswandaru, dan disaksikan Direktur SDM & Umum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto. (Istimewa)

Semarangpos.com, REMBANG–PT Semen Gresik merayakan hari ulang tahun ke-10 pada Rabu (10/1/2024), di Pabrik Rembang. Mengusung tema Tumbuh Semakin Tangguh, agenda besar memperingati berdirinya perusahaan itu dilaksanakan secara hybrid.

Acara perayaan HUT dihadiri secara langsung oleh Direktur SDM & Umum PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto; Komisaris Utama PT Semen Gresik, Otok Kuswandaru;  Direktur Utama PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, beserta jajaran pimpinan perusahaan, manajemen anak usaha dan afiliasi, tamu undangan, serta seluruh karyawan dari berbagai kota di Indonesia.

Pada kesempatan itu, Dirut PT Semen Gresik, Muchamad Supriyadi, menyampaikan perusahaan yang berdiri pada 10 Januari 2014 telah genap berusia satu dasawarsa.

Menurutnya, komitmen bertumbuh menjadi entitas yang semakin tangguh di tengah berbagai tantangan industri dan upaya operational excellence, perusahaan mampu mempertahankan capaian-capaian positif di tahun 2023. Bahkan, lanjutnya, pada beberapa capaian mampu membubuhkan catatan sejarah bagi korporasi.

Baca juga: Buktikan Proses Bisnis & Operasional Inovatif, Semen Gresik Raih 3 Hak Paten dari DJKI Kemenkumham

Lebih lanjut, Supriyadi pun menceritakan bagaimana proses jatuh bangun berdirinya perusahaan dengan berbagai dinamika dan tantangan, hingga mampu menjadi salah satu pemain utama dalam industri semen di Tanah Air.

“Capaian positif dari segi operasi, yakni mampu mempertahankan Proper Hijau [Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup] Pabrik Rembang selama 3 tahun berturut-turut dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi yang dikutip Jumat (12/1/2024).

hut semen gresik
Pertunjukan dari karyawan dan manajemen PT Semen Gresik pada puncak perayaan peringatan HUT ke-10 tahun dengan tema “Tumbuh Semakin Tangguh” di Pabrik Rembang, Rabu (10/1/2024). (Istimewa)

Selain itu, lanjut dia, tercatat pula capaian rilis dan produksi semen tertinggi sejak pabrik berdiri, capaian pemakaian Tingkat Komponen Dalam Negeri [TKDN] lebih dari 100%, meningkatnya penggunaan Alternatif Fuel & Raw Material [AFR], serta penetapan Pabrik Rembang sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) dari Kementerian Perindustrian RI.

Di bidang sosial masyarakat, urai Supriyadi, Semen Gresik juga mencatatkan capaian bergengsi di antaranya meraih penghargaan Tamasya Awards 2023 pada program Pengembangan dan Pemberdayan Masyarakat (PPM) dan Penghargaan Subroto Awards dari Kementerian ESDM RI.

Baca juga: Borong 5 Penghargaan, Semen Gresik Raih Predikat Tertinggi Diamond di Ajang TKMPN 2023

Ada pula raihan Good Mining Practice dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, mampu mendukung penyerapan tenaga kerja dengan hampir 80% karyawan berasal dari Rembang dan Jawa Tengah, dan mendukung pembangunan daerah melalui kontribusi Pendapatan Asli Daerah tertinggi di Kabupaten Rembang pada 2023.

“Terima kasih dan apresiasi yang luar biasa dari manajemen Semen Gresik kepada seluruh karyawan di semua lini, yang selalu mengemban rasa optimistis untuk terus berkarya. Untuk semangat, kerja cerdas & kerja keras, sehingga Semen Gresik dapat meraih kinerja yang semakin positif,” tegasnya.

Supriyadi menyampaikan usia satu dasawarsa menjadi tonggak untuk terus memperkokoh komitmen Semen Gresik dalam menjalankan operasional bisnis yang ramah lingkungan dengan mengacu nilai keberlanjutan, sekaligus terus berkontribusi dalam mendukung pembangunan di Indonesia.

Agenda perayaan HUT ke-10 Semen Gresik diramaikan dengan berbagai kegiatan, mulai dari perlombaan antarkaryawan, agenda sujud syukur dan santunan kepada 100 anak yatim, pertunjukan oleh karyawan dan manajemen, penanaman pohon, hingga peresmian gedung operasional di Pabrik Rembang yaitu Omah SG.

Direktur SDM & Umum PT Indonesia (Persero) Tbk, Agung Wiharto, juga mengapreasiasi atas keberhasilan Semen Gresik mampu bertahan sampai saat ini.

“Kita terus bersyukur dan berdoa untuk lebih baik lagi, dan harapannya dengan fondasi yang kuat kita mampu mengatasi tantangan pasar ke depan yang semakin berat,” pungkasnya.

Baca juga: Mantap, Semen Gresik Pertahankan Predikat Proper Hijau dari KLHK

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.