Tutup Iklan

Senin Ini, 31 Kabupaten/Kota di Jateng Gelar Vaksinasi Serentak

Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jawa Tengah atau Jateng mencanangkan pelaksanaan vaksinasi serentak pada Senin (25/1/2021).

Senin Ini, 31 Kabupaten/Kota di Jateng Gelar Vaksinasi Serentak Petugas medis menyuntikkan vaksin Sinovac kepada perwakilan tenaga kesehatan (nakes) pada Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (14/1/2021). (Semarangpos.com/Nicolous Irawan)

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 31 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng) akan melaksanakan pencanangan vaksinasi serentak pada Senin (25/1/2021).

Hal itu menyusul telah didistribusikannya vaksin Covid-19 jenis Sinovac di 31 kabupaten/kota tersebut sejak Sabtu (23/1/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengatakan Jateng baru saja mendapat distribusi 248.600 dosis vaksin dari pemerintah pusat.

248.600 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Jateng, 32 Kabupaten/Kota Siap Vaksinasi

Ratusan ribu vaksin itu diperuntukkan bagi 122.617 tenaga kesehatan atau nakes di 32 kabupaten/kota di Jateng.

“Sudah terkirim ke kabupaten/kota, diharapkan sudah selesai semuanya. Tinggal beberapa kabupaten atau kota, tapi harapannya diselesaikan pada hari ini,”ujar Yulianto saat menggelar jumpa pers secara virtual, Minggu (24/1/2021) siang.

Ia menambahkan, berdasarkan surat edaran dari Sekda Provinsi Jawa Tengah, pada hari Senin akan dilakukan pencanangan vaksinasi. Yang pertama kali disuntik adalah Forkopimda dan tokoh masyarakat di daerah. Setelahnya, baru penyuntikan vaksin bagi para nakes.

“Maksimal 10 orang untuk divaksin pertama kali yakni, bupati atau walikota, ketua DPRD, Dandim, Kapolres, Kajari, Kadinkes, tokoh agama, tokoh kesehatan dan tokoh masyarakat. Setelah tokoh-tokoh itu, dilanjutkan dengan nakes di daerah masing-masing,” jelas Yulianto.

Wonogiri

Ia menjelaskan pada pencanangan vaksinasi serentak akan diikuti 31 kabupaten dan kota. Sedangkan satu kabupaten yang belum adalah Kabupaten Wonogiri.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri akan melakukan vaksinasi awal pada Selasa (26/1/2021).

Masuk Banyumas, Pendatang Wajib Tunjukkan Surat Rapid Test Antigen

Sementara, tiga daerah yakni Kota Semarang, Kabupaten Semarang dan Kota Solo telah mencanangkan vaksinasi di termin pertama tahap satu, pada 14 Januari lalu.

Dari tiga kabupaten/kota itu, sudah ada 19.928 nekes yang disuntik vaksin hingga Minggu, atau sekitar 60,43% dari total sasaran vaksinasi yakni 32.973 nakes.

Yulianto menambahkan dari 19.928 nakes yang telah menerima vaksin jenis Sinovac itu, paling banyak berada di Kota Semarang yakni 9.642 nakes. Lalu, Kota Solo dengan 7.709 nakes dan Kabupaten Semarang dengan 3.919 nakes.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.