Suami Suka Jajan, 17 Ibu Hamil di Semarang Idap HIV/AIDS

Duh, sebanyak 17 ibu hamil di Semarang tertular virus HIV/AIDS. Ibu-ibu hamil yang mengidap HIV/AIDS itu melalui program Provider Initiated Testing and Counselling (PITC) yang digelar Januari-September 2019.

Suami Suka Jajan, 17 Ibu Hamil di Semarang Idap HIV/AIDS : Sekretaris KPA Kota Semarang, Bambang Sukarjo (kiri), membeberkan penyebaran HIV/AIDS di Kota Semarang di ruang kerjanya, Kamis (5/12/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Sebanyak 17 ibu hamil di Kota Semarang diketahui mengidap virus HIV/AIDS. Mereka mengidap virus tersebut setelah ditulari suami yang melakukan hubungan seks secara bebas.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Semarang, Bambang Sukarjo, mengaku menemukan 17 ibu hamil yang mengidap HIV/AIDS itu melalui program Provider Initiated Testing and Counselling (PITC) yang digelar Januari-September 2019.

“Total dari 16.718 ibu hamil di Semarang yang melakukan PITC itu, ternyata 17 orang di antara mereka dinyatakan positif [mengidap HIV/AIDS]. Rata-rata mereka ditularkan oleh sang suami,” ujar Bambang saat ditemui wartawan di kantornya, lantai VII Gedung Juang, Jl. Pemuda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (5/12/2019).

Bambang menambahkan saat ini pihaknya terus memantau perkembangan ke-17 ibu yang tengah mengandung janin itu. Mereka terus diberikan asupan gizi dan pengobatan secara gratis agar virus HIV/AIDS yang diderita melemah.

Mi Ayam Termurah Se-ASEAN Ada di Ngemplak Boyolali, Seporsi Cuma Rp3.000

“Dengan pengobatan yang rutin dan teratur, harapan kami virusnya menjadi lemah. Sehingga, anak yang dilahirkan meski mengidap HIV/AIDS virusnya tergolong lemah atau undetectable atau tidak mudah menularkan ke orang lain,” jelas Bambang.

Waduh, Kalori Kerupuk Setara Sepiring Nasi

Bambang mengaku ibu hamil memang menjadi salah satu golongan yang rawan terpapar virus HIV/AIDS. Virus tersebut biasanya ditularkan oleh sang suami yang suka jajan atau berhubungan seks dengan wanita lain, seperti wanita pekerja seks (WPS).

Patut Dicoba! Tips Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur

“Makanya, sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan [Kemenkes] seluruh ibu hamil diwajibkan menjalani PITC. PITC itu merupakan program layanan bagi anak dan ibu hamil untuk menanggulangi penyebaran virus HIV/AIDS. Di Semarang, mulai tahun ini, PITC sudah diterapkan secara menyeluruh,” terang Bambang.

Prostitusi Pelajar SMP Bertarif Ratusan Ribu Terbongkar

Program PITC, lanjut Bambang, sangat membantu KPA untuk mendata jumlah pengidap HIV/AIDS di Kota Semarang.

Hingga September 2019, tercatat ada 5.703 pengidap HIV/AIDS yang ditemukan di Kota Semarang dengan jumlah terbesar berada di Kecamatan Semarang Utara, yakni 178 kasus. Disusul Semarang Barat dengan 155 kasus, dan Tembalang 146 kasus.

Netizen Bandingkan Perceraian Ahok dengan UAS

“Tahun ini, ada sekitar 471 kasus pengidap HIV/AIDS yang kami temukan di Semarang. Lebih sedikit dibandingkan tahun lalu [2018] yang jumlahnya mencapai 640 kasus,” imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.