Tutup Iklan

Sulap Limbah Jadi Seni, Tekad UMKM Binaan Pertamina di Semarang Go International

Program Kemitraan UMKM dari Pertamina saat ini telah menjangkau ratusan UMKM yang tersebar di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan DIY.

Sulap Limbah Jadi Seni, Tekad UMKM Binaan Pertamina di Semarang Go International Indaryanto,pemilik Lilo Art & Craft berfoto dengan robot karyanya di Semarang, Rabu (9/9/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Tangan Indaryanto, 45, tampak cekatan merangkai kepingan limbah logam. Ia tak canggung sedikit pun meski disaksikan banyak orang dalam acara workshop UMKM yang digelar Pertamina di Nirwana Stabel Resto, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (9/9/2020).

Tak butuh waktu lama, rongsokan logam yang terdiri dari mur, baut, dan batangan besi itu pun disulapnya menjadi tempat lilin yang cantik dan bernilai artistik.

“Selain jadi tempat lilin, ini juga bisa jadi bel resepsionis di hotel,” kata Indaryanto.

Pengguna Aplikasi MyPertamina di Jateng-DIY Naik 8 Kali Lipat saat Pandemi

Indaryanto memang cukup mahir dalam merangkai rongsokan logam untuk dibuat aksesori. Bahkan, dari tangannya rongsongkan logam itu bisa disulap menjadi aksesori cantik menyerupai robot, replika mobil, sepeda motor, pesawat terbang, hingga kereta api.

Tak hanya bernilai artistik, kerajinan buatannya pun bernilai jual tinggi. Satu produk yang dibuat dari limbah logam itu bisa dijual dengan harga mulai Rp50.000-Rp2 juta.

“Biasanya yang beli itu kolektor seni. Mereka ada yang dari Semarang, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya. Tapi, pernah juga ada yang beli buat dibawa ke Jepang,” ujar Indaryanto.

Manfaatkan Limbah

Indaryanto mengaku memulai usaha kerajinan dari limbah logam itu sejak 2009 lalu. Awalnya, ia hanya iseng memanfaatkan banyaknya limbah logam yang tidak terpakai di rumahnya.

Dari iseng itu, ada beberapa orang yang tertarik untuk membeli. Akhirnya, ia pun memutuskan untuk menekuni usaha tersebut.

Tak disangka, usahanya cukup berkembang. Kini, ia pun memiliki sebuah galeri, Lilo Fang Fang Art & Craft di Jl. Anjasmoro Tengah VI No. 48, Karanganyu, Kecamatan Semarang Barat.

Pertamina Gelontorkan Rp1,5 M untuk Penanganan Covid-19 di Jateng & DIY

Kini, ia pun ingin memperlebar usahanya. Salah satu upaya dilakukan dengan bergabung sebagai UMKM mitra binaan Pertamina.

Pemilik Lilo Art and Craft, Indaryanto, saat menunjukkan keahliannya menciptakan karya seni dari limbah logam di Semarang, 9 September lalu.

Ia bergabung sebagai mitra binaan Pertamina sejak 2016 lalu. Semenjak itu, ia pun mendapat berbagai manfaat, mulai dari dana pinjaman hingga diundang ke berbagai acara workshop atau pameran di berbagai kota di Indonesia.

“Tinggal satu yang belum. Yakni, pameran ke luar negeri. Saya ingin memperkenalkan produk saya ke luar negeri. Semoga bisa diajak Pertamina untuk pameran di luar negeri,” ujar Indaryanto.

253 UMKM

Lilo Fang Fang Art & Craft merupakan satu dari sekian banyak UMKM di Jateng dan DIY yang menjadi mitra binaan Pertamina.

Manajer Unit Komunikasi dan CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti, menyebut hingga September 2020  sudah ada 253 UMKM di Jateng dan DIY yang bergabung menjadi mitra binaan Pertamina.

Pertamina Kucurkan Rp13 M untuk 174 UMKM di Jateng & DIY

Sementara, dana yang disalurkan dari Program Kemitraan BUMN kepada UMKM di Jateng dan DIY pada tahun ini telah mencapai Rp19 miliar. Dana itu lebih besar Rp1 miliar dari target yang ditetapkan pada 2020.

“Seluruh BUMN ditugaskan kementerian untuk membantu pelaku UMKM, terutama yang kesulitan. Sehingga, nawa-cita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi bisa tercapai,” imbuhnya.

Setiap calon mitra binaan, lanjut Anna bisa memperoleh nilai permodalan dari Pertamina maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu maksimal tiga tahun.

Adapun jasa administrasi permodalan itu mencapai 3% per tahun dan menurun mengikuti sisa pinjaman.

Program kemitraan ini, selain membantu meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha, juga bertujuan untuk merangkul pelaku UMKM, terutama yang kesulitan mendapatkan akses perbankan

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.