Tak Hanya Terkenal Karena Keindahannya, 6 Tempat di Pulau Jawa Ini Disebut Angker & Mistis

Kisah misteri menyelimuti sejumlah tempat atau lokasi di Pulau Jawa hingga membuat tempat-tempat itu dipercaya angker atau menyeramkan.

Tak Hanya Terkenal Karena Keindahannya, 6 Tempat di Pulau Jawa Ini Disebut Angker & Mistis Sejumlah sukarelawan mengevakuasi pendaki asal DIY yang jatuh terperosok saat hendak turun ke kawah Candradimuka di bawah pos dua, Minggu (19/7/2020). (Semarangpos.com-Dokumentasi BPBD Kabupaten Karanganyar)

Semarangpos.com, SEMARANG – Pulau Jawa tak hanya menyimpan kekayaan alam yang memesona dan peninggalan bangunan bersejarah. Pulau Jawa juga dikenal memiliki berbagai tempat yang memiliki kisah mistis dan dipercaya angker.

Kisah mistis dan angker itu biasanya sangat berkaitan dengan adat maupun kebudayaan tempat-tempa tersebut. Oleh karenanya, tak heran jika terdapat banyak kisah misteri di tanah Jawa.

Dilansir dari Semarangpos.com, berikut beberapa tempat di Pulau Jawa yang diyakini menyimpan misteri dan kisah mistis:

Ini Dia Tiga Tempat Angker di Kebumen

Alas Purwo

Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. (detik.com)

Alas Purwo merupakan hutan legendaris di ujung timur Pulau Jawa yaitu di Banyuwangi, Jawa Timur. Fungsi utama Alas Purwo adalah sebagai hutan lindung untuk berbagai spesies tumbuhan dan hewan di dalamnya.

Namun, hutan tertua di Pulau Jawa ini ternyata dikenal sangat angker dan dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Kabarnya, Alas Purwo merupakan sebuah istana bagi seluruh jin yang ada di Pulau Jawa.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran. (Indonesia.go.id)

Taman ini mendapat julukan sebagai Africa van Java. Taman Nasional pertama di Indonesia ini didirikan 1980 dan berlokasi di antara Wongsorejo, Banyuwangi, dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur.

Meski memiliki keindahan yang menakjubkan, Anda sebaiknya menjaga perbuatan dan perkataan saat melintasi daerah ini. Kabarnya, ada beberapa wisatawan yang melihat penampakan di daerah ini. Kengerian lokasi ini juga ditambah dengan cerita angker Jurang Tangis yang kabarnya menjadi tempat pembuangan mayat korban tragedi PKI.

Gunung Lawu

Gunung Lawu. (phinemo.com)

Gunung yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini menyimpan misteri yang sudah tak asing lagi ditelinga pendaki.

Cerita misteri yang paling terkenal di Gunung Lawu adalah adanya pasar setan. Pasar setan berada di dekat Hargo Dalem, salah satu puncak di Gunung Lawu. Sesuai namanya, pasar setan tentu tidak bisa dilihat oleh mata orang biasa. Hanya orang dengan kemampuan tertentu yang bisa mendengar.

Ini Dia Tempat-Tempat Favorit Jin dalam Tubuh Manusia

Pantai Selatan Jawa

Pantai Selatan Jawa. (phinemo.com)

Pantai Selatan Jawa menjadi salah satu lokasi favorit para wisatawan. Namun, tidak hanya keindahannya, Pantai Selatan juga dikenal sangat angker. Banyak wisatawan yang menjadi korban terseret ombak. Mulai dari yang sedang berenang, hingga yang sedang bermain air biasa.

Belum lagi dengan adanya kabar bahwa Pantai Selatan Jawa merupakan gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Para pengunjung pantai ini pun disarankan tidak mengenakan pakaian berwarna hijau karena dipercaya akan hanyut dan menjadi tumbal Nyi Roro Kidul.

Lawang Sewu Semarang
Museum Lawang Sewu di Semarang. (Youtube-Cerita Urban)

Tempat wisata bersejarah ini memang sudah dikenal sejak lama sebagai lokasi wisata horor yang bisa membuat bulu kuduk merinding. Sebagai gedung tua peninggalan Belanda, tak heran banyak cerita-cerita seram seputar Lawang Sewu dan menjadikan museum ini sebagai salah satu tempat yang disebut angker di Pulau Jawa.

Konon, setiap wilayah di Gedung Lawang Sewu terdapat makhluk halus berbagai macam, mulai dari kuntilanak, genderuwo, arwah tentara, hingga noni Belanda. Salah satu ruangan yang dikenal paling angker adalah sebuah lorong yang berada di bawah gedung. Pada masa pemerintahan Belanda, lorong di bawah tanah itu difungsikan sebagai aliran air yang dapat menyejukkan suasana Lawang Sewu.

Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan. (detik.com)

Pulau Nusakambangan di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi lokasi beberapa lembaga pemasyarakatan di Indonesia. Pulau yang menampung para penjahat kelas kakap ini memiliki banyak cerita misteri. Dengan banyaknya tahanan yang dieksekusi mati di pulau ini, tak heran lokasi yang sudah ada sejak zaman Belanda ini disebut sebagai salah satu lokasi angker di Pulau Jawa.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.