Inspiratif!!! Tak Menyerah dengan Pandemi, Pekerja EO di Salatiga Jadi Perajin Kulit

Seorang pekerja EO atau event organizer di Salatiga beralih profesi menjadi perajin kulit akibat sepinya hiburan imbas pandemi Covid-19.

Inspiratif!!! Tak Menyerah dengan Pandemi, Pekerja EO di Salatiga Jadi Perajin Kulit Kurnia Bagus Jatmiko saat mengerjakan pesanan kerajinan kulit di rumahnya, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Senin (28/9/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SALATIGA – Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar di bidang ekonomi. Segala jenis usaha menjadi tersendat akibat pandemi, tak terkecuali di kalangan pekerja event atau event organizer (EO).

Seorang pekerja EO yang terkena dampaknya adalah Kurnia Bagus Jatmiko. Ia merasakan betapa beratnya imbas pandemi bagi usahanya yang sangat mengandalkan event atau perhelatan seni dan hiburan.

Maklum, selama masa pandemi agenda hiburan tak terkecuali di Kota Salatiga banyak yang dibatalkan.

Salatiga Siap Jadi Pilot Project Vanili Nusantara

“Terus terang, dengan kondisi seperti saat ini pemasukan jadi menipis. Tak ada event, tidak ada kerja, berarti tidak ada pemasukan,” ujar pria yang karib disapa Jatmiko itu saat dijumpai Semarangpos.com di rumahnya, Senin (28/9/2020).

Kendati demikian, Jatmiko tidak patah semangat. Sederet cara pun harus dilakukan agar dapur tetap ‘ngebul’.

Pria asli Salatiga ini pun menggunakan bakat yang dimiliki untuk membuat kerajinan dari bahan kulit. Kerajinan itu ia tekuni semenjak ada imbauan pemerintah untuk work from home (WFH) atau stay at home demi mengantisipasi persebaran Covid-19.

Pesanan

Waktu luang di rumah pun dimanfaatkannya untuk membuat kerajinan gelang, dompet, tas, strap jam, sabuk, dan jok sepeda motor dari bahan kulit. Ia membuat kerajinan itu secara tradisional atau tanpa mengandalkan mesin.

“Semua saya buat manual. Setelah ada pola, saya jahit tangan. Kalau ada pemesan yang ingin model pahat atau dikasih gambar dan tulisan, juga bisa. Kulit yang saya pakai dari kulit sapi,” terangnya.

Ngaku Kecolongan, Wali Kota Tegal Ternyata Ikutan Nyawer di Acara Dangdutan Wakil Ketua DPRD

Harga kerajinan kulit buatan Jatmiko pun bervariatif. Harga kerajinan kulit buatannya itu dibanderol Rp50.000 hingga Rp1 juta.

“Soal harga tergantung pesanan. Tergantung ukuran dan kerumitannya juga. Kalau gelang saya banderol Rp50.000, dompet sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000,” imbuhnya.

Dengan kerajinan kulit itu, Jatmiko pun bisa bertahan menghadapi pandemi. Terlebih, produk Think Leather Goods buatannya memiliki banyak pesanan.

“Pesanan baru tingkat lokal seperti dari Bali, Jakarta, dan Yogyakarta. Kalau dari luar negeri ada, tapi sedikit baru sebatas teman. Saya pasarkan lewat medsos dan info ke teman-teman,” ujar pria yang gemar bermain skateboard itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.