Tingkatkan Kualitas SDM dan Mutu Akademik, Upitra Solo Gelar Pelatihan Dosen

Menjelang dimulainya semester genap pada Februari 2023, segenap dosen Upitra mengikuti pelatihan guna meningkatkan mutu akademik.

Tingkatkan Kualitas SDM dan Mutu Akademik, Upitra Solo Gelar Pelatihan Dosen Menjelang dimulainya semester genap pada Febuari 2023, Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) Solo menggelar pelatihan para dosen guna meningkatkan mutu akademik. (Istimewa)

Semarangpos.com, SOLO — Era globalisasi menuntut transparasi perguruan tinggi dan daya saing di lingkungannya, baik secara lokal maupun global.

Pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing menuntut keterlibatan berbagai sumber daya. Standar nasional pendidikan mendorong penyelenggara pendidikan, dosen, tenaga kependidikan dan masyarakat untuk serius dalam peningkatan mutu pendidikan dengan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) Solo berupaya terus berbenah dalam meningkatkan mutu akademik, salah satu di antaranya adalah peningkatan skill sumber daya manusia (SDM) dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.

Berbagai rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka menuju Upitra yang bereputasi unggul dan berorientasi global.  Menjelang dimulainya semester genap pada Februari 2023, segenap dosen Upitra mengikuti pelatihan guna meningkatkan mutu akademik dan menambah wawasan dalam melaksanakan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Berdasarkan rilis yang diterima Semarangpos.com, Kamis (2/2/2023), pelatihan tersebut dilaksanakan pada 25 dan 26 Januari 2023 lalu dengan mengusung tema lokakarya Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Dosen Upitra.

Baca Juga: Menggagas Cek Fakta dan Literasi Berita Masuk Kurikulum Pendidikan

Bertempat di Adhiwangsa Hotel and Convention Solo, pelatihan ini dihadiri Rektor beserta jajarannya dan sedikitnya 50 dosen dari 3 fakultas di Upitra yaitu Fakultas Ekonomika dan Bisnis yang membawahi Prodi S1 Akuntansi dan S1 Manajemen, Fakultas Sains dan Teknologi yang membawahi Prodi S1 Informatika, Sistem Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak serta Fakultas Vokasi yang membawahi Prodi D3 Akuntansi, Manajemen Keuangan dan Bahasa Inggris.

Melalui kegiatan ini dosen diajak untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan luaran Rencana Pembelajaran dalam satu semester.

 Menjelang dimulainya semester genap pada Febuari 2023, para dosen Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) Solo mengikuti pelatihan guna meningkatkan mutu akademik. (Istimewa)

Menjelang dimulainya semester genap pada Febuari 2023, para dosen Universitas Pignatelli Triputra (Upitra) Solo mengikuti pelatihan guna meningkatkan mutu akademik. (Istimewa)

Selain itu pelatihan juga bertujuan memberi wawasan dan menambah referensi penyiapan perangkat pembelajaran. Sebagai pemateri Upitra mendatangkan pembicara dari Tim Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Melengkapi Dharma Pengajaran, segenap dosen diberikan pelatihan di bidang pengabdian pada masyarakat dan penelitian diselenggarakan berturut-turut pada 31 Januari dan 1 Febuari 2023 di Aula Ignatius Universitas Pignatelli Triputra.

Melalui lokakarya pengabdian pada masyarakat, dosen diajak untuk membuat strategi meraih hibah pengabdian dari berbagai sumber serta menajamkan pemahaman tentang Pencapaian Indikator Utama Akreditasi dan Indikator Kinerja Utama.

Lokakarya terkait bidang penelitian diselenggarakan di hari berikutnya untuk menambah wawasan/gagasan dalam penelitian multi disipliner serta mempersiapkan strategi meraih dana penelitian dan publikasi ilmiah di jurnal bereputasi.

Baca Juga: Perangi Hoaks Sejak Usia Sekolah, AMSI Ajak Diskusi Para Pelaku Pendidikan

Sebagai pemateri, Upitra mengundang Guru Besar Universitas Sanata Dharma yang juga Wakil Rektor bidang Akademik USD yaitu Prof. Ir. Sudi Mungkasi, S.Si., M.Math.Sc., Ph.D. untuk menginspirasi dan meningkatkan pemahaman dosen terhadap pentingnya penelitian dan publikasi ilmiah bagi pengembangan karier dosen.

Menutup rangkaian kegiatan, pada kegiatan seminar pada Kamis (2/2/2023) ini sivitas dosen diajak untuk kembali memahami dan menginternalisasi Guiding Value dari Upitra yaitu integrity and ethics, excellence, compassion, dan humility untuk dapat diimplementasikan dalam segala aktivitas akademik dan non akademik di lingkungan Upitra.

Diharapkan rangkaian kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi dosen dalam melaksanakan Tri Dharma dan mewujudkan wajah baru Upitra kental dengan budaya akademik menuju Upitra unggul dan bereputasi global.

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.