Tutup Iklan

3 Tahun Mangkrak, Kebumen Sulap Eks RSUD Jadi Kampus UNS

Pemkab Kebumen berencana mengalihfungsikan bangunan bekas RSUD Kebumen menjadi Kampus UNS Cabang Kebumen yang telah tiga tahun mangkrak.

3 Tahun Mangkrak, Kebumen Sulap Eks RSUD Jadi Kampus UNS Bangunan eks RSUD yang sudah tiga tahun mangkrak dalam laman web resmi Pemkab Kebumen, Jumat (28/8/2020). (Kebumenkab.go.id)

Semarangpos.com, KEBUMEN — Pemerintah Kabupaten Kebumen berencana mengalihfungsikan bangunan bekas Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kebumen menjadi Kampus Universitas Sebelas Maret Cabang Kebumen. Eks RSUD calon kampus UNS Kebumen itu telah tiga tahun mangkrak.

Dikutip dari laman web resmi Pemkab Kebumen, Yazid menyampaikan pihaknya telah bertemu dengan Wakil Rektor UNS Guntoro untuk membahas lebih lanjut mengenai gedung tersebut. Hal itu disampaikan Bupati Kebumen Yazid Mahfudz di sela-sela pembukaan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Tahun 2020 di Hotel Mexolie Kebumen, Rabu (25/8/2020).

Ia juga menjelaskan tantangan ke depan akan semakin berat membutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar berkualitas. Menurutnya, pemerintah bisa mengupayakannya dengan menyiapkan fasilitas pendidikan yang memadai, termasuk adanya perguruan tinggi negeri. “Tolak ukur kabupaten dikatakan maju jika ada perguruan tingginya. Apalagi ini perguruan tinggi negeri,” ujar Yazid.

Tahukah Kamu? Bengawan Solo Punya 7 Mitos…

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS sejak lama membuka cabang di Kebumen. Awalnya, PGSD UNS di Kebumen merupakan alih status dari SPG Negeri Kebumen di Jl. Gelatik, Panjer.

Sejak S1 PGSD

PGSD itu semula hanya menerima mahasiswa D2. Namun, saat ini, telah menerima mahasiswa Program Studi Stara 1.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Program Studi PGSD UNS Kebumen Suhartono, Ia menyebutkan beberapa kali sudah ada dialog antara pihak UNS yang diwakili Wakil Rektor III UNS Prof Kuncoro Diharjo yang kebetulan putra daerah Sarwogadung Mirit dengan bupati Kebumen dan jajarannya.

Hati-Hati! Pajang Foto di Medsos Bisa Kena Pelet

Berangkat dari pemikiran itu, maka Bupati Yazid kemudian menyetujui gagasan kerja sama dengan UNS untuk mendirikan perguruan tinggi di Kebumen.  Proses pembangunan kampusnya akan dimulai pada 2021 mendatang. “Saat ini, masih dalam pembahasan. Termasuk melakukan survei untuk menentukan fakultas apa saja yang akan dibuka,” papar bupati lebih lanjut.

Perlu diketahui, bangunan kosong calon kampus UNS Kebumen dengan luas 2,7 ha itu lebih yang terletak di Jl. Rumah Sakit No. 13 Kampung Bojong, Kelurahan Panjer, Kabupaten Kebumen ini sudah tidak dipakai selama kurang lebih tiga tahun.

“Daripada dibiarkan kosong begitu saja akan lebih bermanfaat jika bangunan tersebut digunakan sebagai gedung kampus UNS.” ujar Bupati Yazid Mahfudz.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.