UPZ PT Semen Gresik Salurkan Zakat Kepada TPQ

Kegiatan penyaluran zakat oleh UPZ PT Semen Gresik ini menjadi kali kedua semenjak disahkan pada 19 Maret 2020.

UPZ PT Semen Gresik Salurkan Zakat Kepada TPQ Penyerahan zakat kepada mustahik dilakukan secara langsung oleh tim UPZ dan didampingi oleh staf CSR PT Semen Gresik. (Semarangpos.com/PT Semen Gresik)

Semarangpos.com, REMBANG — PT Semen Gresik (SG) melalui Unit Pengumpul Zakat atau UPZ menyalurkan bantuan tunai, ratusan paket sembako, hingga kebutuhan peralatan usaha. Bantuan diserahkan kepada mustahik dan kaum rentan dengan total bantuan lebih dari Rp70 juta.

Penyerahan zakat kepada mustahik dilakukan secara langsung oleh tim UPZ dan didampingi oleh staf CSR PT Semen Gresik di 6 desa sekitar perusahaan. Serta 9 Kecamatan di Kabupaten Rembang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ketua UPZ PT Semen Gresik, Nurhadi menjelaskan terdapat lima pilar yang menjadi program utama penyaluran zakat. Antara lain, pendidikan, kemanusiaan, kesehatan, ekonomi, dan dakwah advokasi.

“Di penghujung tahun ini UPZ PT Semen Gresik mampu mengumpulkan zakat dari para muzakki yang berasal para karyawan Semen Gresik selama periode Agustus hingga November sebesar Rp76.705.000. Ini menjadi langkah yang baik mengingat peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan period sebelumnya,” kata Nurhadi dalam keterangan persnya, Kamis (24/12/2020).

Cuaca Ekstrem, 5.000 Hektare Sawah di Jateng Terendam Banjir

Kegiatan penyaluran zakat karyawan PT Semen Gresik. (Semarangpos.com/PT Semen Gresik)

Nurhadi melanjutkan bahwa proses penyaluran zakat pada periode ini dikategorikan dalam beberapa bagian. Yaitu bantuan berupa bantuan tunai untuk modal usaha kepada penyandang difabel lumpuh layu di Desa Gegunung Kulon, Kecamatan Rembang.

Kedua, bantuan sembako beserta bantuan tunai disalurkan UPZ PT Semen Gresik untuk 30 ustaz pengajar Tempat Pendidikan Quran (TPQ). Kemudian untuk 3 orang pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). Serta kelompok rentan serta mualaf di 6 desa sekitar perusahaan (Desa Pasucen, Timbrangan, Kajar, Tegaldowo, Kadiwono, dan Ngampel).

Miris! Hampir Sejuta Orang di Jateng Alami Pelanggaran HAM di 2020

Kegiatan penyaluran zakat karyawan PT Semen Gresik. (Semarangpos.com/PT Semen Gresik)

Kegiatan Kedua

Selain itu, bantuan berupa sembako, peralatan pendukung usaha, dan ternak pun diberikan kepada Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqoh (Lazis) Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah di Kecamatan Lasem dan Kecamatan Rembang.

Kegiatan penyaluran zakat oleh UPZ PT Semen Gresik ini menjadi kali kedua semenjak disahkan secara langsung pada 19 Maret 2020 lalu oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Nurhadi optimis seriring berjalannya waktu, akan semakin banyak karyawan yang bersedia dan turut menjadi Muzakki.

219 Desa di Pati Gelar Pilkades, Pemkab Gelontorkan Rp11,62 M

Para mustahik dan penerima zakat mengucapkan syukur dan terima kasih atas zakat yang diberikan UPZ PT Semen Gresik. Para mustahik pun mendoakan dan berharap agar bantuan ini memberikan berkah dan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan.

 

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.