Usai Ritual, Tiga Pendaki Hilang di Gunung Ungaran

Tiga pendaki Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang dikabarkan tersesat atau hilang seusai menjalani ritual di Sendang Suroloyo.

Usai Ritual, Tiga Pendaki Hilang di Gunung Ungaran Tim SAR gabungan tengah menggelar apel pencarian tiga pendaki yang tersesat di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (6/8/2021). (Semarangpos.com-Humas Basarnas Jateng)

Semarangpos.com, UNGARAN – Sebanyak tiga orang pendaki Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, dikabarkan hilang, Jumat (6/8/2021) siang.

Ternyata, tiga pendaki itu tersesat atau hilang setelah sebelumnya melakukan ritual di Sendang Suroloyo yang berada di lereng Gunung Ungaran.

Ketiga pendaki yang hilang itu yakni Roni, 40, Seto, 50, dan seorang perempuan bernama Mindiyanah, 37. Ketiga orang itu merupakan warga Desa Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang.

Baca juga: Niat Susul Teman, Pendaki Gunung Ungaran Diganggu Makhluk Gaib

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, mengatakan ketiga survivor itu mendaki Gunung Ungaran bersama tiga orang rekannya, yakni Dani, 33, Slamet, 50, dan Nur, 20.

Keenam orang itu mendaki Gunung Ungaran sejak Rabu (4/8/2021) malam, melalui jalur Desa Nyatnyono di Kecamatan Ungaran Barat. Tujuan pendaki itu adalah menuju Sendang Suroloyo yang berketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Mereka mendatangi Sendang Suroloyo untuk menggelar ritual.

“Setelah selesai ritual, mereka turun dalam dua rombongan. Rombongan pertama Dani, Slamet, dan Nur berhasil sampai di Desa Ngipik. Sedangkan rombongan kedua, Roni, Mindiyanah, dan Seto belum sampai dan dikabarkan tersesat,” ujar Heru dalam keterangan resmi melalui aplikasi Whatsapp (WA).

Tim SAR

Mendapat laporan itu, Basarnas Kantor SAR Semarang pun langsung menerjunkan satu regu penyelamat. Mereka melakukan operasi pencarian dan pertolongan disertai peralatan SAR vertikal dan alat evakuasi.

“Operasi pencarian kami lakukan dengan mengumpulkan informasi dari pendaki yang berhasil turun. Mereka memberikan informasi terkait kali terakhir melihat survivor hilang. Hal ini kami lakukan untuk mempermudah pencarian tim SAR dalam mengikuti trek pendakian ke Sendang Suroloyo,” jelas Heru.

Baca juga: Umbul Sidomukti, Wisata Lengkap Keluarga di Kaki Gunung Ungaran

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Semarang, Heru Subroto, mengatakan dalam operasi pencarian itu tim SAR dibagi dalam tiga regu. Seluruh regu difokuskan melakukan pencarian di sekitar Sendang Suroloyo.

“Hingga siang [Jumat] ini, tiga orang survivor belum ditemukan. Lokasi pencarian sangat luas dan terdapat jurang. Sepanjang jalur juga tidak ada jejak survivor. Ini menjadi kendala dalam pencarian,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.