Warga Wonosobo Ramai-Ramai Berburu Ular Kobra di Permukiman

Warga Dusun Sigug, Desa Kedalon, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah menggelar perburuan ular kobra di permukiman mereka.

Warga Wonosobo Ramai-Ramai Berburu Ular Kobra di Permukiman Seekor ular kobra ditangkap warga Dusun Sigug, Desa Kedalon, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo dalam perburuan ular kobra yang meresahkan masyarakat akhir-akhir ini. (Antara-Camat Kalikajar)

Semarangpos.com, WONOSOBO — Warga Wonosobo beramai-ramai memburu ular kobra di permukiman mereka. Seratusan warga Dusun Sigug, Desa Kedalon, Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah terlibat dalam perburuan hewan reptil itu.

Ular kobra yang berkeliaran di kawasan permukiman tersebut dianggap telah meresahkan masyarakat, akhir-akhir ini. Kepala Desa Kedalon, Agusmanto, di Wonosobo, Selasa (11/2/2020), mengatakan gangguan satwa liar itu muncul dalam beberapa hari terakhir.

Diduga, puluhan ular mematikan tersebut berkeliaran bebas di permukiman warga sehingga berpotensi membahayakan warga. Menurut dia, hewan melata yang muncul di wilayah Sigug berawal dari kegemaran pemilik pabrik Solar Park asal Taiwan memelihara hewan eksotis tersebut.

Sepasang Tamu Hotel Meninggal Bertumpukan di Baturraden

“Sekitar delapan tahun lalu pemilik Solar Park ini membawa puluhan kobra dari Kalimantan kemudian lepas ke alam kurang lebih 10 ekor yang diduga kuat telah membunuh delapan ekor kambing milik penjaga pabrik Solar Park,” katanya.

Paparan itu ia sampaikan di sela-sela perburuan ular kobra yang digelar masyarakat dengan melibatkan camat dan unsur muspika, BPBD, RPB Jogonegoro, dan komunitas mamalia Wonosobo.

Keamanan Wonosobo

Menurut dia, salah satu warga juga telah menemukan ular kobra di ladang ketika tengah mencangkul. Ia kemudian membunuh enam ekor di antaranya.

Atas dasar temuan tersebut, pihaknya kemudian menghubungi pemerintah kecamatan. Dipesankan pemerintah desa itu agar mereka dibantu melakukan perburuan kobra demi keamanan Wonosobo.

“Hari ini bersama sekitar 100 orang kami berupaya untuk bisa menemukan sarang ular kobra agar tidak lagi berkeliaran meresahkan warga,” katanya.

Sukun Buka Roadshow 10 Kota Didi Kempot di Ambarawa…

Camat Kalikajar Bambang Triyono yang memimpin perburuan ular kobra mengaku tidak ingin musibah menimpa warganya.  “Upaya ini menjadi ikhtiar bersama agar warga nyaman ketika beraktivitas, termasuk anak-anak yang biasa bermain di lingkungan sekitar permukiman,” kata Bambang.

Hasil perburuan kobra tersebut, lima ekor kobra ukuran sedang ditemukan dalam keadaan hidup. Satwa liar itu kemudian diserahkan kepada komunitas reptil Wonosobo.

“Ke depan semoga bisa lebih rutin dilakukan kegiatan serupa ini sesuai arahan dari snake rescue dari Animal Lovers Wonosobo Timur [ALWT],” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.