28 Sampel di Kudus Positif Terdeteksi Virus Covid-19 India

Data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan varian baru Covid-19 dari India, B.16.17 terdeteksi menyebar di Kudus, Jawa Tengah (Jateng)

28 Sampel di Kudus Positif Terdeteksi Virus Covid-19 India Ilustrasi virus corona (Freepik)

Semarangpos.com, KUDUS — Hasil data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan varian baru Covid-19 India atau B16172 terdeteksi menyebar di Kabupaten Kudus. Sebanyak 34 sampel pasien Covid-19 asal Kudus, 28 di antaranya dinyatakan positif varian Delta India.

Hal itu terdapat pada salinan hasil laporan WGS SARS-CoV-2 varian of concern dari Pokja Genetik Fakultas Kedokteran, Kesehatan masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kepada Menteri Kesehatan.

Hasil laporan dari 34 sampel yang dirawat di RSUD dr. Loekman Hadi Kudus menyebutkan 28 orang positif varian Delta India. Sampel specimen sendiri masuk pada tanggal 5 Juni 2021 dan hasil keluar pada 7 Juni 2021.

Baca juga: Gus Yasin Sebut Penularan Covid-19 di Kudus Lebih Cepat, Varian Baru?

Mengutip Murianews, Minggu (13/6/2021), Bupati Kudus, Hartopo, mengakui hal tersebut saat ditemui sesusai raat terbatas daring di Command Center Pekab Kudus. Rapat itu juga diikuti Kementerian Kesehatan, Pangdam IV/Diponegoro, Gubernur Jawa Tengah, dan pimpinan Kabupaten Kudus.

Bupati belum bisa memberikan keterangan lanjutan terkait dari mana asal muasal varian baru itu. Pemkab Kudus pun segera berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Tengah untuk proses lanjutan berupa pembatasan di Kota Kretek. “Kemungkinan ada lockdown skala mikro di Kabupaten Kudus, dan teknisnya kami rapatkan dengan Gubernur Jateng dan Pemprov,” ujarnya.

Bupati mengingatkan warga Kudus untuk makin waspada terhadap orang-orang tanpa gejala. Terlebih mereka yang tak diketahui rekan jejak temunya. “Karena kita tidak tahu orang itu bertemu siapa, dari mana itu yang harus diwaspadai,” paparnya.

Baca juga: Belasan Jenazah Covid-19 Dimakamkan per Hari di Pati

Warga juga harus selalu memakai masker dan tetap menjaga jarak aman saat berinteraksi. Rajin cuci tangan juga harus tetap dilakukan sebelum dan sesudah menyentuh barang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Komentar Ditutup.