4 Kecamatan di Grobogan Kebanjiran

Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan Endang Sulistyaningsih mengakui banjir melanda beberapa desa yang tersebar di Kecamatan Purwodadi, Penawangan, Karangrayung, dan Kedungjati.

4 Kecamatan di Grobogan Kebanjiran Banjir melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. (Antara-BPBD Grobogan)

Semarangpos.com, GROBOGAN — Sejumlah desa di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (8/1/2020), dilanda banjir akibat limpasan air dari sungai setempat menyusul tingginya debit air. Akibatnya, sejumlah rumah warga terendam air bah.

Menurut Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Grobogan Endang Sulistyaningsih, banjir terjadi di beberapa desa yang tersebar di sejumlah kecamatan. Disebutnya kemudian Kecamatan Purwodadi, Penawangan, Karangrayung, dan Kedungjati.

Jumlah yang terdampak banjir, kata dia, masih dilakukan pengecekan di lapangan karena banjir baru mulai terjadi Rabu ini. Ia mengakui belum bisa memastikan jumlah desa yang terdampak banjir karena jajarannya masih melakukan pengecekan di lapangan.

“Kami juga belum bisa memastikan apakah ada desa yang terdampak banjir hingga harus mengungsi,” ujarnya.

Informasinya, kata dia, ada desa yang terdampak banjir cukup parah sehingga sebagian warganya harus diungsikan. Selama ini, lanjut dia, warga yang terdampak banjir memang enggan untuk mengungsi dengan alasan masih bisa beraktivitas.

“Jika memang ada yang harus diungsikan, masing-masing desa diharapkan menyiapkan tempat pengungsian sementara,” ujarnya.

Selain itu, BPBD Grobogan juga akan menyiapkan dapur umum untuk membantu warga yang terdampak banjir. Terkait penyebab banjir, kata dia, sebagian besar karena melimpasnya air sungai setempat, sedangkan beberapa desa ada yang disebabkan karena tanggul jebol.

Hal tersebut, katanya, masih dicek di lapangan guna memastikan apakah hal itu benar terjadi atau tidak. Berdasarkan informasi dari sejumlah warga di Kabupaten Grobogan, desa yang terdampak banjir di antaranya di Desa Pulo, Pendanaran, Kedungjati, Karangrayung, Kalimoro, Sambak, dan Candisari dengan ketinggian genangan banjir bervariasi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.