665 Pelamar CPNS di Kudus Gugur

Tak seluruh dari 8.361 pelamar yang mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah melangkah mulus. Segabian dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi karena berbagai alasan.

665 Pelamar CPNS di Kudus Gugur Pojok informasi CPNS Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Antara-Akhmad Nazaruddin Lathif)

Semarangpos.com, KUDUS – Sebanyak 665 pelamar dari 8.361 pelamar yang mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi karena berbagai alasan.

“Sedangkan pelamar yang dinyatakan lolos administrasi atau memenuhi syarat berjumlah 7.696 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan (BKPP) Kudus Catur Widyatno melalui Kabid Pengembangan dan Diklat Pegawai Tulus Triyatmika di Kudus, Jawa Tengah, Senin (16/12/2019).

Ia mengungkapkan pelamar yang masuk kategori memenuhi syarat untuk mengikuti tes tertulis CPNS, didominasi formasi guru Agama Islam SD sebanyak 1.513 pelamar, disusul formasi guru kelas sebanyak 1.232 pelamar dan auditor sebanyak 1.049 pelamar.

Sementara itu, pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat ada yang disebabkan karena ada yang tidak mengirimkan berkas sebanyak 369 pelamar, sedangkan 296 pelamar lainnya karena persyaratannya tidak lengkap. “Kami juga menemukan adanya pelamar yang melamar di formasi umum yang boleh didaftari kaum disabelitas, ternyata ada 19 pelamar yang mengaku disabilitas,” ujarnya.

Dalam rangka memastikan pendaftar tersebut merupakan kaum difabel, maka semua pelamar, baik pelamar khusus formasi disabilitas maupun umum yang mengaku disabilitas, didatangkan ke Kudus untuk dilakukan verifikasi faktual yang dipusatkan di Command Center. “Total ada 31 pelamar, termasuk pelamar khusus difabel, yang dilakukan verifikasi faktual. Hasilnya memang ada 19 pelamar yang tidak memenuhi syarat sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Verifikasi pelamar tersebut, kata dia, melibatkan dokter spesialis untuk memastikan pelamar benar-benar masuk kategori disabilitas atau tidak.

Terkait dengan tempat pelaksanaan tes CPNS tertulis, katanya, belum bisa dipastikan, tetapi dimungkinkan di Solo. Tahun 2019, Pemkab Kudus mendapatkan kuota formasi CPNS sebanyak 382 posisi, meliputi formasi khusus tersedia 27 posisi yang meliputi tenaga pendidik 16 posisi, tenaga teknis tujuh posisi, dan tenaga kesehatan empat posisi.

Belasan lowongan CPNS Kudus tersebut, dibuka untuk lulusan terbaik tersedia 18 posisi dan penyandang disabilitas sembilan posisi. Sementara itu, kesempatan terbanyak dibuka dari jalur umum yang tersedia 355 posisi dengan jumlah terbanyak untuk memenuhi kebutuhan tenaga pendidik sebanyak 298 posisi, tenaga kesehatan sebanyak 16 posisi, dan tenaga teknis sebanyak 41 posisi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.