Alumni Unnes Menggugat Kirim Karangan Bunga demi Kritik Rektor Fathur Rokhman

Alumni Unnes Menggugat, Kamis (12/3/2020), mengirimkan karangan bunga duka cita dan kritik terhadap Rektor Fathur Rokhman.

Alumni Unnes Menggugat Kirim Karangan Bunga demi Kritik Rektor Fathur Rokhman Karangan bunga yang dikirimkan alumni Unnes untuk menggugat rektor Fathur Rokhman, Kamis (12/3/2020). (Antara-Alumni Unnes Menggugat)

Semarangpos.com, SEMARANG — Alumni Universitas Negeri Semarang (Unnes) Menggugat, Kamis (12/3/2020), mengirimkan karangan bunga duka cita dan surat pernyataan sikap kepada Rektor Fathur Rokhman. Mereka mengkritik tujuh tahun kepemimpinan orang nomor satu di perguruan tinggi negeri tersebut.

Koordinator Alumni Unnes Menggugat, Hanendya Disha Raharja, di Kota Semarang, Jawa Tengah mengatakan, banyak permasalahan yang muncul selama tujuh tahun kepemimpinan Fathur Rokhman. Kantor Berita Antara baru mengekspose sikap alumni Unnes itu Jumat (13/3/2020).’

Pencabulan Bocah SD di Magelang Tersangkanya Kakek-Kakek

Menurut Alumni Unnes Menggugat, beberapa permasalahan yang meundung itu antara lain kebijakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) bagi mahasiswa jalur mandiri, sanksi kepada mahasiswa yang dinilai lantang menyuarakan penolakan atas kebijakan universitas, hingga masalah dugaan plagiarisme.

“Pernyataan sikap ini sebagai bentuk kepedulian almamater Unnes kepada kampusnya,” katanya. Dalam bahasa Indonesia, “almamater” yang disebutkan Hanendya Disha Raharja itu bermakna “ibu susuan” atau perguruan tinggi tempat mahasiswa pernah belajar dan menyelesaikan pendidikan.

Hentikan Kriminalisasi

Menurut dia, terdapat beberapa yang disampaikan dalam surat tersebut, seperti harapan agar Unnes membuka ruang berekspresi dan berpendapat seluas-luasnya. “Hentikan segala tindakan represif dan kriminalisasi,” katanya.

Pengendara Motor Tewas Terseret Truk di Simpang Hanoman Semarang

Ia mengatakan rektor harus bertanggung jawab atas segala tindakan anti-demokrasi yang melibatkannya di lingkungan Unnes. Para alumnus juga meminta rektor menjunjung tinggi marwah kampus dengan memisahkan kepentingan pribadi dan lembaga.

Pernyataan sikap tersebut ditandatangani oleh 271 alumnus Unnes yang merupakan lulusan berbagai fakultas. Karangan bunga duka cita yang dicantumi hastag #SelamatkanUnnes. Surat itu diterima wakil Rektor III yang mewakili Rektor Fathur Rohkman.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.