Anggaran Grobogan Terpangkas Covid-19, Hanya 17 Proyek Perbaikan Jalan Dilelang

Dinas Pekerjaan Umum dan Perimahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Grobogan hanya melelang 17 proyek perbaikan jalan pada tahun anggaran 2020 ini.

Anggaran Grobogan Terpangkas Covid-19, Hanya 17 Proyek Perbaikan Jalan Dilelang Pekerja melakukan kegiatan perbaikan di salah satu jalan yang rusak di Kabupaten Grobogan. (Murianews.com- Dani Agus)

Semarangpos.com, PURWODADI — Dinas Pekerjaan Umum dan Perimahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah hanya melelang 17 proyek perbaikan jalan pada tahun anggaran 2020 ini.

Jumlah paket lelang pekerjaan perbaikan jalan di DPUPR Grobogan tahun 2020 yang menyusut jauh dari tahun 2019 itu ditekan oleh terpakainya dana daerah untuk penanggulangan Covid-19. Pada tahun anggaran lalu, Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dilelang ratusan paket pekerjaan.

Inilah Cerita Benteng Willem II Ungaran

Kepala DPUPR Grobogan Een Endarto menyampaikan pada penetapan APBD 2020 anggaran yang dimiliki senilai Rp 220 miliar lebih. Anggaran senilau itu berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID), Bantuan Provinsi (Banprov), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan dana tidak terduga.

Setelah ada wabah virus corona atau Covid-19, ada realokasi anggaran di semua OPD. Untuk anggaran DPUPR berkurang sekitar Rp 145 miliar. Anggaran yang tersedia untuk tahun ini tinggal sekitar Rp 75 miliar.

Paket Proyek Berkurang

Pengurangan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 itu berimbas dengan berkurangnya paket pekerjaan perbaikan yang sudah direncanakan. Saat ini, hanya ada 17 paket pekerjaan perbaikan jalan yang dilelangkan dengan total anggaran sekitar Rp 9,4 miliar.

Adik Sara Wijayanto Mengejar Sosok Noni Belanda di Vila Angker Jogja

“Panjang perbaikan jalan dari 17 paket pekerjaan itu totalnya sekitar 3,1 kilometer. Saat ini, proses lelang untuk 17 paket pekerjaan itu sudah dimulai,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Selain 17 paket pekerjaan perbaikan jalan itu, anggaran yang dimiliki akan dialokasikan untuk kegiatan lainnya. Proyek itu antara lain perawatan dan pemeliharaan jalan serta jembatan rutin, dan pembuatan talud jalan. Selain itu, anggaran juga disiapkan untuk penanganan bencana alam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Get the amazing news right in your inbox

Berita Terpopuler

0 Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

Tinggalkan Komentar

Anda harus logged in untuk kirim komentar.